BIN Sudah Pantau Pelaku Penusukan Wiranto Selama Tiga Bulan

Wiranto saat ini sedang dalam tindakan operasi

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengunjungi Menko Polhukam Wiranto yang kini tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Pak Wiranto sedang menjalani tindakan ya, tindakan operasi tapi beliau sadar kita doakan supaya segera cepat pulih," kata Budi di Paviliun Kartika, RSPAD, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Budi mengatakan, sudah melakukan pemantauan pada pelaku penusukan yang terpapar jaringan radikalisme kelompok Jeamaah Ansharut Daulah (JAD) sejak tiga bulan yang lalu.

Tersangka telah beberapa kali pindah, dari Kediri ke Bogor lalu ke Menes, karena cerai dengan istri pertamanya dan menikah kembali di Menes.

"Memang sel-sel seperti ini kan cukup banyak sehingga kami mengimbau masyarakat untuk juga ikut mengawasi sel-sel seperti ini," tegas Budi.

Satuan Tugas Gabungan dari Densus dan BIN sedang mengembangkan informasi seputar kasus ini. Dia pun mengatakan ada kaitan dengan penangkapan lima orang terduga teroris di Bekasi. Pelaku berinisial SA alias Abu Rara telah dipantau oleh BIN.

"Khusus Abu dara ini sudah kita pantau, beberapa kali mulai mengumpulkan pisau artinya belum pada tahapan BOM ya tapi kan pola-pola seperti itu bisa dengan pisau, senjata, maupun BOM," jelas Budi.

Jelang pelantikan Presiden pada 20 Oktober nanti, BIN telah mendeteksi adanya rencana-rencana teror dari JAD.

"Kita sudah mendeteksi memang menjelang masa pelantikan Presiden itu memang ada rencana-rencana seperti itu dari JAD, sehingga memang harus kita tingkatkan, harus waspada kita," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Video Detik-detik Wiranto Ditusuk di Pandeglang

https://www.youtube.com/embed/4QLgo4wbH0Q

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya