BMKG: Indonesia Akan Diguyur Hujan Lebat Pekan Ini

Masyarakat diimbau untuk waspada banjir dan longsor

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan akan adanya potensi hujan lebat dalam sepekan ke depan, mulai dari 11-17 November 2019.

Informasi ini dibagikan BMKG melalui laman Instagram resmi @infobmkg pada Senin (11/11) pukul 07.45 WIB.

Karena adanya potensi hujan lebat, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati jika terjadi banjir, tanah longsor dan dampak lainnya yang disebabkan oleh hujan lebat.

1. Daerah yang alami potensi hujan lebat

BMKG: Indonesia Akan Diguyur Hujan Lebat Pekan IniIlustrasi jika musim hujan tiba atap berpotensi runtuh. ANTARA FOTO/Rahmad

BMKG memprediksi bahwa dalam sepekan ke depan beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami curah hujan dengan intensitas lebat dan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Prakiraan cuaca ini terbagi selama dua periode waktu, yakni 11-14 November dan 15-17 November 2019.

Periode 11-14 November:

- Aceh*
- Sumatera Utara*
- Riau*
- Kep. Riau*
- Sumatera Selatan*
- Kep. Bangka Belitung*
- DKI Jakarta
- Banten*
- Jawa Barat*
- Sulawesi Tengah*
- Sulawesi Barat*
- Papua*

Periode 15-17 November:

- Aceh*
- Sumatera Utara*
- Sumatera Barat*
- Kalimantan Utara*
- Papua*

2. Terjadi karena adanya siklon tropis NAKRI

BMKG: Indonesia Akan Diguyur Hujan Lebat Pekan IniIDN Times/Diko Eno

Keadaan alam ini terjadi karena melemahnya intensitas siklon tropis "NAKRI" di Laut China Selatan yang menyebabkan angin timuran di selatan ekuator turut mengalami pelemahan, serta dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk wilayah Indonesia.

"Kondisi atmosfer tidak stabil di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG R Mulyono R Prabowo seperti dikutip dari Antara, Senin (11/11).

3. Berpotensi adanya gelombang tinggi

BMKG: Indonesia Akan Diguyur Hujan Lebat Pekan IniDok. Pribadi

Selain hujan lebat, BMKG juga memprediksi adanya potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter mulai 11-17 November 2019.

Potensi gelombang besar berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Simeulue - Kepulauan Mentawai, perairan barat Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Lombok, Samudra Hindia Barat Sumatera hingga selatan NTB.

4. Masyarakat perlu antisipasi dampak hujan lebat

BMKG: Indonesia Akan Diguyur Hujan Lebat Pekan IniIDN Times/Istimewa

Dengan adanya potensi hujan lebat, dan gelombang tinggi ini BMKG mengimbau agar masyarakat dapat tetap waspada dan berhati-hati pada dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang serta jalan licin.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya