Bos WMS: Dibuatin Jalur Sepeda Tapi Pengguna Gak Ada, Sama Juga Bohong

Uji coba jalur sepeda mulai dilakukan hari ini, Jumat (20/9)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 17 jalur sepeda akan segera bisa dinikmati oleh masyarakat ibu kota DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini, Jumat (20/9), akan melakukan uji coba pada 7 jalur sepeda. Uji coba berlangsung hingga 19 November 2019.

Melihat perhatian pemerintah pada transportasi sepeda, Founder dan CEO Westbike Messenger Services (WMS), Hendi Rachmat, pun memberikan tanggapannya. Apa kata dia?

Baca Juga: Pengiriman Barang dengan Sepeda, Solusi Kemacetan dan Polusi Jakarta

1. Akan sia-sia jika masyarakat tidak menggunakanya

Bos WMS: Dibuatin Jalur Sepeda Tapi Pengguna Gak Ada, Sama Juga Bohongtwitter.com/rommanapps

Terkait penyediaan jalur khusus untuk sepeda di ibu kota, Hendi mengatakan, pengguna sepeda juga memiliki peran penting untuk memajukan progam pemerintah ini.

Menurutnya, jika pemerintah telah menyediakan fasilitas namun tidak ada yang menggunakannya, akan sia-sia.

"Dibuatin jalurnya tapi pengguna sepedanya ga ada, sama juga bohong," ujar Hendi saat ditemui di kantor WMS di Kebayoran Lama, Jakarta Barat, Kamis (19/9).

2. Tidak hanya jalur sepeda tapi perlu fasilitas pendukung lainnya

Bos WMS: Dibuatin Jalur Sepeda Tapi Pengguna Gak Ada, Sama Juga BohongIDN Times/Lia Hutasoit

Sebagai pebisnis jasa pengiriman yang menggunakan armada sepeda, Hendi memberikan masukan pada pemerintah untuk memperhatikan sisi lainnya terkait penyediaan fasilitas jalur sepeda.

"Sebenarnya bukan masalah jalur sepeda aja, fasilitas pendukung lainnya: lahan parkir, orang biar ke kantor bisa sepedaan tapi keringetan, harus mandi, pengamanan, keamanan, fasilitas pendukung," ujar Hendi.

3. Uji coba jalur sepeda 2 tahap

Bos WMS: Dibuatin Jalur Sepeda Tapi Pengguna Gak Ada, Sama Juga BohongIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pemerintah DKI sendiri akan melakukan uji coba jalur sepeda secara bertahap. Tahap pertama mulai 20 September hingga 19 November 2019.

Kemudian tahap kedua, mulai 12 Oktober hingga 19 November 2109. Pemerintah DKI Jakarta berharap agar masyarakat menggunakan sepeda.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Lengkap Jalur Sepeda di 17 Ruas Jalan DKI Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya