Comscore Tracker

[BREAKING] 2 Gempa Berjarak 2 Menit Guncang Wilayah Sumatera dan Jawa

Gempa ini dirasakan kuat masyarakat di Padang

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memonitor adanya dua gempa bumi yang terjadi, berselang dua menit pada Kamis (30/4) sore.

"Gempa tersebut terjadi di wilayah Sumatera dan Jawa," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melalui keterangan tertulis, Kamis.

Agus menjelaskan gempa pertama dengan magnitudo 5,6 terjadi sekitar pukul 15.20 WIB.
Gempa dengan kedalaman 10 km ini berada di koordinat 24 km barat laut Padang Lawas, 33 km barat laut Mandailing Natal, 36 km tenggara Padang Sidempuan, di wilayah Sumatera Utara.

"Gempa ini dirasakan kuat masyarakat di Padang Lawas dan Padang Sidempuan. Warga sempat panik saat terjadi guncangan. Sedangkan, di Mandailing Natal, warga merasakan getaran sedang," kata Agus.

Agus menyebutkan pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal sempat mengevakuasi diri keluar dari gedung.

Selang dua menit kemudian terjadi lagi gempa di wilayah Jawa pada pukul 15.22 WIB. Gempa ini bermagnitudo 5,0 yang berada di kedalaman 24 km.

"Titik episenter gempa berada 48 km tenggara Kabupaten Sukabumi, 58 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, serta 71 km tenggara Bayah, Banten," kata dia.

Menurut laporan tersebut, masyarakat di Kabupaten Sukabumi juga merasakan getaran berkekuatan sedang selama 1 hingga 2 detik. Dengan adanya kejadian ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: 4 Jenis Gempa Bumi yang Paling Sering Terjadi, Ketahui Perbedaannya

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya