Comscore Tracker

[BREAKING] Begini Bentuk Granat Asap yang Meledak di Monas

Granat asap lazim digunakan oleh personel TNI

Jakarta, IDN Times – Sebuah ledakan terjadi di Kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Selasa (3/11) pukul 07.00 WIB. Menurut pihak kepolisian, ledakan ini disebabkan oleh granat asap dan mengenai dua anggota TNI yang sedang berolahraga di sana. 

Dilansir dari berbagai sumber, granat asap adalah alat peledak yang berbentuk seperti kaleng dan fungsinya digunakan sebagai alat isyarat darat atau ke udara. Granat ini juga berguna untuk penanda zona sasaran atau pendaratan, serta penyembunyi gerakan tentara.

Granat asap biasanya berbentuk dari silinder logam dengan lubang di bagian atas dan bawah untuk mengeluarkan asap. Terdapat dua jenis granat asap yakni yang berwarna dan granat penyembunyi. Jenis granat asap lainnya adalah jenis asap meledak. 

Granat asap meledak berisi fosforus putih (WP) yang jika meledak akan menyebarkan fosforus putih ke segala arah. Fosforus akan terbakar apabila bertemu udara. Granat asap lazim digunakan oleh personel TNI.

Sementara, kedua korban diketahui atas nama Serma Fajar Arisworo dan Praka Gunawan Yusuf saat berolahraga pagi bersama anggota TNI lainnya. Keduanya kemudian menemukan granat asap tersebut. Polri memastikan tidak ada satu pun korban yang tewas. Kedua korban luka kini sudah dirawat di RSPAD Gatot Subroto. 

"(Ini) Temuan di lapangan. Ini diduga granat asap yang meledak," kata Gatot Eddy Pramono Kapolda Metro Jaya ketika memberikan keterangan pers di Jakarta pada Selasa (3/12). 

[BREAKING] Begini Bentuk Granat Asap yang Meledak di MonasGranat asap (Dok. Pindad)

Ikuti terus pemberitaan mengenai ledakan granat asap di Monas hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: [BREAKING] Ledakan di Monas, Istana: Apapun Motifnya Tindak Tegas!

Topic:

  • Santi Dewi
  • Wendy Novianto

Just For You