[BREAKING] Jejak Sugiharto, Sebelum Wafat Pernah Jadi Dirut Medco dan Komisaris

Usai jadi menteri, Sugiharto jadi Komisaris Utama Pertamina

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri BUMN Sugiharto, yang menjabat di era pemerintahan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dikabarkan meninggal dunia hari ini, Kamis (17/7/2021), di usia 66 tahun.

Sugiharto lahir di Medan, Sumatra Utara 29 April 1955. Kabar berpulangnya dibenarkan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Namun penyebab meninggalnya belum diinformasikan.

"Iya benar (meninggal dunia)," kata Arya kepada IDN Times.

Sugiharto menjabat sebagai menteri BUMN pada 2004-2017 dan kemudian digantikan oleh Sofyan Djalil usai SBY merombak kabinetnya.

Sugiharto adalah sarjana ekonomi lulusan Universitas Indonesia dan mendapat gelar Master of Business Administration atau MBA di sekolah manajemen Amsterdam, Belanda. Ia kemudian meraih gelar doktor di Universitas Gadjah Mada.

Sebelum menjadi menteri, Sugiharto telah malang melintang si sejumlah perusahaan. Pada 1982-1991 dia menjabat sebagai staf senior Indonesia Bank Trust Company & Chemical, kemudian pada 1991-2004 menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Direktur Utama MedcoEnergi.

Barulah di 2004-2007 dia ditunjuk menjadi Menteri Negara BUMN. Usai menjadi menteri, dia menjadi Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero).

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi, Mantan Menteri BUMN Sugiharto Meninggal Dunia

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya