Comscore Tracker

[BREAKING] KRI Rigel Dikerahkan untuk Deteksi Sonar KRI Nanggala-402

Pencarian fokus pada 60 mil dari kawasan perairan utara Bali

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan hari ini KRI Rigel akan membantu pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali.

"Kita harapkan salah satu KRI kita yang memiliki peralatan yang mampu memonitor bawah laut yaitu KRI Rigel, diharapkan sore atau siang kita bisa merapat," kata dia dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di Kompas TV, Jumat (23/4/2021).

Achmad menjelaskan pihaknya berharap agar keberadaan KRI Nanggala-402 bisa terdeteksi dengan kemampuan sonar bawah laut dari armada kapal lainnya yang dikerahkan.

"Kapalnya selamnya sudah diam, cuma sonar yang bisa menangkap," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa saat ini pencarian dilaksanakan 60 mil dari kawasan perairan utara Bali. Achmad mengatakan bahwa semua bantuan untuk pencarian akan diterima. Proses penerimaan bantuan dilakukan oleh Asisten Intelijen (Asintel).

"Proses itu semua dipercepatan, karena kita juga waktu yang kita kejar," ujarnya.

Untuk diketahui, Kapal selam KRI Nanggala-402 dilaporkan hilang pada Rabu (21/4/2021). KRI Nanggala-402 mulai menyelam pada pukul 03.46 WIB dan meluncurkan torpedo nomor 8 pada pukul 04.40 WIB.

Setelah meluncurkan torpedo, KRI Nanggala-402 hilang kontak dan komunikasi dengan Komandan Gugus Tugas Latihan terputus. Komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala adalah pukul 04.25 WIB.

Baca Juga: [BREAKING] Pencarian KRI Nanggala-402, KRI Rimau Temukan Titik Magnet Kuat

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya