Comscore Tracker

Brigjen Prasetyo Tak Hadir Upacara Lepas Jabatan, Kena Darah Tinggi 

Dia tengah dirawat di RS Polri Kramat Jati

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan bahwa Brigjen Pol Prasetyo Utomo tidak hadir dalam upacara lepas jabatan karena darah tinggi. Dia mengatakan bahwa Prasetyo tengah dirawat di rumah sakit.

"Saya ulangi pak Prasetyo sementara ini masih dalam perawatan di RS Kramat Jati, tensi darahnya tinggi," kata dia kepada awak media, Kamis (16/7/2020).

1. Dokter tidak mengizinkan Brigjen Prasetyo beraktivitas

Brigjen Prasetyo Tak Hadir Upacara Lepas Jabatan, Kena Darah Tinggi (Brigjen Prasetyo Utomo (tengah)) Satpolppkalteng.go.id

Argo mengatakan bahwa dokter tidak memberi izin kepada Prasetyo untuk melakukan kegiatan sementara, bahkan untuk berdiri saja dia tidak diperkenankan.

"Jadi karena dokter lebih paham dan lebih tahu bagaimana kondisi seseorang," kata dia.

Baca Juga: Terbukti Bantu Djoko Tjandra, Brigjen Prasetyo Dimutasi ke Yanma Polri

2. Kabareskrim gantikan sementara jabatan Prasetyo

Brigjen Prasetyo Tak Hadir Upacara Lepas Jabatan, Kena Darah Tinggi Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Setelah dimutasi dari Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Kakorwas)  PPNS Bareskrim Polri menjadi Perwira Tinggi (Pati) Yanma Mabes Polri karena mengeluarkan surat jalan bagi buronan cassie bank Bali Djoko Tjandra, kini jabatan Kepala Kakorwas diemban oleh Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo.

"Jadi sekarang ini untuk jabatan Kakorwas dipegang oleh Kabareskrim sebelum nanti menunjuk Pelaksana Tugas atau yang definitif," kata dia.

3. Anggota lain yang terlibat akan turut diperiksa

Brigjen Prasetyo Tak Hadir Upacara Lepas Jabatan, Kena Darah Tinggi Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Terpisah, Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit mengatakan bahwa proses pemeriksaan Prasetyo kini masih dilakukan, pihak Bareskrim juga sudah meminta bantuan pada Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (Propam) untuk memeriksa anggota yang terlibat dalam pembuatan surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra.

"Setelah itu kami akan tindak lanjuti dengan memproses mulai dari penertiban surat jalan, termasuk bagi peristiwa terhapusnya red notice dan bagaimana muncul surat kesehatan atas nama terpidana Djoko Tjandra," kata dia.

Baca Juga: Pengacara Djoko Tjandra Laporkan Akun @xdigeembox ke Bareskrim

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya