Budi Karya Disebut Kembali Terjangkit COVID-19, Ini Kata Kemenhub

Catat ya, Menhub Budi Karya dalam kondisi sehat!

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, meluruskan isu terkait pemberitaan yang menyebutkan bahwa Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali terjangkit COVID-19. Berita tersebut berjudul “15 Hari Sembuh, Menhub Budi Karya Kembali Dinyatakan Positif Covid-19".

Adita menyebutkan bahwa penulisan judul dalam portal berita tersebut bisa merugikan Menhub Budi Karya Sumadi.

“Perlu kami sampaikan bahwa judul berita tersebut menyesatkan dan berpotensi merugikan Menhub Budi Karya Sumadi,” kata dia melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Sabtu (16/5).

1. Menhub sudah sehat dan sudah beraktivitas sejak 27 April

Budi Karya Disebut Kembali Terjangkit COVID-19, Ini Kata KemenhubBudi Karya Sumadi dalam Acara Suara Millennials by IDN Times (Dok. IDN Times)

Adita menjelaskan bahwa kondisi Menhub Budi Karya saat ini dalam keadaan sehat dan telah aktif bekerja sejak 27 April 2020.

Dia juga menjelaskan bahwa RSPAD Gatot Soebroto yang merawat Menhub menegaskan bahwa hasil tes PCR sebanyak dua kali membuktikan bahwa Menhub telah bebas COVID-19.

Baca Juga: Sembuh dari Virus Corona, Budi Karya: Ini Mukjizat!

2. Di tes pertama negatif, lalu tes kedua kalinya dinyatakan positif

Budi Karya Disebut Kembali Terjangkit COVID-19, Ini Kata KemenhubWartawan Istana dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berfoto bersama di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu 4 Maret 2020 (Dok.Istimewa)

Dia kembali menjelaskan kronologi bagaimana Menhub mulai terjangkit virus corona. Menhub resmi dinyatakan COVID-19 pada 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

“Saat dirawat di RSPAD, Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun 15 hari kemudian, Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua,” pungkas dia.

3. Dinyatakan positif kembali saat masih dalam perawatan

Budi Karya Disebut Kembali Terjangkit COVID-19, Ini Kata KemenhubMenhub Budi Karya Dinyatakan Negatif Covid-19 (Dok. Kemenhub)

Dia juga menjelaskan bahwa hal tersebut telah sesuai dengan dengan protokol kesehatan COVID-19, bahwa pasien baru dinyatakan bebas dari virus jika sudah menjalani dua kali tes PCR yang hasilnya negatif berturut-turut.

“Menhub dinyatakan positif kembali, di mana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada tanggal 27 April 2020, Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD,” ujarnya.

Baca Juga: 14 Hari Gak Sadarkan Diri, Perjuangan Budi Karya Sembuh dari COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya