Buruh Demo di Kantor Menaker, Hati-Hati Penyempitan Jalur Arah Cawang

Lalu lintas di depan kantor Kemenaker padat

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta. Adapun aksi unjuk rasa ini digelar untuk menolak Permenaker No 5 Tahun 2023 dan Pengesahan Perppu Cipta Kerja jadi Undang-Undang.

Pantauan IDN Times di lokasi, lalu lintas di depan kantor Kemenaker padat dan ada penyempitan jalur di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan arah Cawang.

Massa memadati gerbang depan kantor Menaker Ida Fauziyah hingga ke pinggir jalan. Bahkan setengah badan jalan di depan kantor Kemnaker sudah diduduki buruh.

Massa aksi yang hadir merupakan gabungan dari berbagai serikat pekerja. Di antaranya, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI).

Dalam Permenaker Nomor 5 Tahun 2023 tentang Penyesuaian Waktu Kerja dan Pengupahan Pada Perusahaan Industri Padat Karya Tertentu Berorientasi Ekspor yang Terdampak Perubahan Ekonomi Global, termaktub aturan soal pemotongan upah pekerja.

Perlu diketahui juga dalam beleid ini perusahaan industri padat karya tertentu berorientasi ekspor boleh menyesuaikan upah yang dibayar kepada pekerjanya paling sedikit 75 persen, berlaku untuk eksportir yang terdampak perubahan ekonomi global.

Baca Juga: Buruh Teriak: Ida Fauziyah Bak Rentenir dan Pinjol!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya