Comscore Tracker

Cegah Napi Cai Changpan Kabur ke Luar Negeri, Polisi Gandeng Imigrasi 

Cai Changpan yang dijatuhi hukuman mati kabur dari Lapas

Jakarta, IDN Times - Polisi melakukan berbagi upaya untuk membatasi ruang gerak
narapidana bandar narkoba asal Tiongkok, Cai Changpan alias Chai Ji Fan, yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mencegah dia pergi ke luar negeri.

"Itu sudah dilakukan (mempersempit gerak), termasuk pencekalan paspor yang bersangkutan sudah kita koordinasikan dengan pihak Imigrasi, dilakukan pencekalan, jangan sampai melarikan diri ke luar negeri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Setelah Kabur, Napi Cai Changpan Sempat Beli Rokok Dekat Lapas

1. KTP Indonesia Cai Changpan diblokir Dukcapil

Cegah Napi Cai Changpan Kabur ke Luar Negeri, Polisi Gandeng Imigrasi Ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Bukan dengan Imigrasi saja, polisi juga juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Kartu tanda penduduk (KTP) Cai sudah diblokir lebih dulu, agar dia tidak melakukan upaya lainnya untuk mengelabui Polisi. Dia memang sudah memiliki KTP Indonesia dan memiliki rumah di Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

2. Polisi sebut Cai Changpan sempat beli rokok dekat lapas

Cegah Napi Cai Changpan Kabur ke Luar Negeri, Polisi Gandeng Imigrasi Anggota geng berada di balik jeruji penjara Izalco saat tur media, di Izalco, El Salvador, Jumat (4/9/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Cabezas

Yusri menjelaskan, untuk menangkap narapidana ini Polda Metro Jaya, Polres Metro Tangerang, dan Lapas Kelas I Tangerang membentuk lima tim.

Polisi juga mencari jejak Cai hingga ke istrinya dan masyarakat yang ada di dekat lapas, karena Cai sempat terlihat mampir ke suatu warung dekat lapas.

"Karena yang bersangkutan sempat mampir ke rumahnya sebelum kabur, lalu masyarakat sekitar lapas sempat melihat yang bersangkutan membeli rokok," ungkap Yusri.

3. Cai Changpan gali gorong-gorong selama 8 bulan agar bisa kabur dari lapas

Cegah Napi Cai Changpan Kabur ke Luar Negeri, Polisi Gandeng Imigrasi Lubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Untuk diketahui, Cai Changpan adalah terpidana hukuman mati kasus narkoba. Dia telah ditahan sejak 2016.

Dia kabur dari lapas dengan cara melubangi sel tahanan sedalam dua meter, hingga tembus ke gorong-gorong belakang lapas sepanjang 30 meter. Upaya ini sudah dia lakukan selama 8 bulan

"Saat olah tempat kejadian perkara (TKP) mencoba masuk memang muat, itu bisa memakan waktu sampai 20 menit (hingga sampai keluar)," kata Yusri.

Baca Juga: Napi Asal Tiongkok Kabur, 5 Petugas Lapas Diperiksa

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya