Comscore Tracker

Cegah Stunting, Menteri PPPA: Gizi Anak 1.000 Hari Pertama Penting

Peran ibu dan ayah harus sama-sama berperan asuh anak

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Bintang Puspayoga, menyampaikan persoalan stunting masih jadi isu nasional yang mengancam pemenuhan hak dasar anak.

Karena itu, kata dia, masalah ini harus diperjuangkan bersama. Stunting adalah kondisi kurang gizi pada bayi di 100 hari pertama kehidupannya berlangsung, sehingga menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tubuh.

“Salah satu hak anak yang tercantum dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak, yaitu hak untuk mendapatkan standar kesehatan dan perawatan medis terbaik, air bersih, makanan bergizi, dan lingkungan tinggal yang bersih dan aman. Termasuk terbebas dari stunting adalah hak dasar anak yang juga merupakan hak asasi manusia,” ujar Bintang, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Cegah Stunting Dini, BKKBN Sebut Calon Pengantin Harus Periksa Kesehatan

1. Targetkan penurunan angka stunting tapi terhalang pandemik

Cegah Stunting, Menteri PPPA: Gizi Anak  1.000 Hari Pertama PentingIlustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pemerintah, kata Bintang, sudah menargetkan penurunan angka stunting minimal menjadi 14 persen pada 2024. Namun, pandemik COVID-19, jadi tantangan yang tidak mudah dalam upaya pemenuhan hak anak sekaligus mempercepat penurunan stunting.

Namun, Bintang mengungkapkan, jika semua pihak memperkuat sinergi dan bergerak bersama, maka penyelesaian masalah stunting bukanlah hal yang mustahil.

2. Seribu hari pertama anak kunci cegah stunting

Cegah Stunting, Menteri PPPA: Gizi Anak  1.000 Hari Pertama PentingIlustrasi anak-anak. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Isu stunting lekat dengan isu pengasuhan. KemenPPPA, kata Bintang, telah berupaya menjalankan salah satu isu prioritas yang merupakan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, yaitu peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan atau pengasuhan anak.

Meski demikian, Bintang menegaskan, peran pengasuhan tidak hanya menjadi urusan perempuan atau ibu saja, namun juga merupakan tugas bagi ayah. Mengingat melindungi anak adalah tugas yang setara dan sejajar antara ayah dan ibu.

"Cara pandang yang setara dan sikap saling mendukung antara ayah dan ibu dalam pengasuhan, merupakan kunci untuk mencegah stunting, melalui pemenuhan gizi bagi anak pada seribu hari pertama kehidupannya,” ujar dia.

Baca Juga: Kepala BKKBN: Tak Ada Bonus Demografi Tanpa Atasi Stunting! 

3. Ajak ayah suarakan kesetaraan gender dalam mengasuh anak

Cegah Stunting, Menteri PPPA: Gizi Anak  1.000 Hari Pertama PentingIlustrasi anak bersama dengan orang tua (IDN Times/Dwi Agustiar)

Para ibu dan calon ibu, kata Bintang, harus terus menambah pengetahuan soal pemenuhan gizi anak dan berkomitmen memberikan ASI ekslusif. Sedangkan para ayah, perlu menyuarakan pentingnya kesetaraan gender dalam pengasuhan.

"Ayah sebagai kepala keluarga harus dapat membangun empati, berpartisipasi aktif dalam mengambil keputusan, mempunyai sikap positif, dan juga mempunyai pengetahuan luas tentang pengasuhan anak,” kata dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya