COVID-19 Masih Mewabah, Kampus Diimbau Fokus Teori di Awal Semester

Praktikum ke lapangan harus seizin Gugus Tugas dan Pemda

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) meminta agar perguruan tinggi bisa mengutamakan pembelajaran teori di masa awal semester tahun ajaran 2020/2021.

Hal ini berkaitan dengan wabah virus corona atau COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto menjelaskan, pembelajaran dengan metode praktik bisa dilakukan pada tengah semester.

"Ini di bidang vokasi ya. Tak semua bidang kuliah yang sifatnya praktik itu bisa didaringkan. Misal yang bisa full daring kan perangkat lunak, teknik informatika, pemrograman komputer. Itu praktik dan teori bisa daring. Semester depan itu harus dimulai dengan teori supaya perkuliahan bisa berjalan," kata dia dalam diskusi daring Bincang Sore, Rabu (24/6).

1. Praktikum bisa dilakukan asal perhatikan protokol COVID-19

COVID-19 Masih Mewabah, Kampus Diimbau Fokus Teori di Awal SemesterDirektur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi) Kemendikbud Wikan Sakarinto (Tangkapan layar "Bincang Sore Kemendikbud")

Wikan menjelaskan bahwa banyak praktik perkuliahan yang bisa dioptimalkan secara daring. Walau pun memang, pendidikan vokasi memang lebih banyak memuat praktik dibanding teori.

Tetapi hal ini akan sulit berlaku jika praktik membutuhkan fasilitas laboratorium, bengkel bahkan studio. Hal itu bisa tetap dilakukan, asalkan, penerapan protokol kesehatan bisa diberlakukan.

Baca Juga: Ini Aturan Resmi Kemendikbud soal Keringanan Pembayaran Uang Kuliah

2. Pihak kampus harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas hingga Pemda untuk izin praktik

COVID-19 Masih Mewabah, Kampus Diimbau Fokus Teori di Awal SemesterIlustrasi kuliah secara daring. IDN Times/Debbie Sutrisno

Wikan juga menjelaskan bahwa mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) untuk melakukan praktik. Namun, jika memang harus melaksanakan praktik secara langsun, pihak kampus harus bisa berkoordinasi dengan gugus tugas dan pemerintah daerah.

"Pengelola kampus juga harus membuat peraturan praktik lebih detail lagi seperti mesin disemprot disinfektan," katanya.

3. Sudah siapkan protokol tugas akhir dan praktikum

COVID-19 Masih Mewabah, Kampus Diimbau Fokus Teori di Awal SemesterDok.Humas UNS

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbud), Nizam mengatakan, akan ada protokol yang mengatur pengerjaan tugas akhir.

Selain itu, protokol kesehatan untuk penggunaan fasilitas praktik juga akan segera dirilis.

"Kita juga menyiapkan berbagai protokol untuk memastikan pembelajaran yang tidak mungkin digantikan dengan daring. Misalnya untuk yang sedang tugas akhir, baik itu skripsi, tesis, disertasi, penelitian itu tidak bisa dilakukan dengan daring," kata Nizam.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah Daring

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya