COVID-19 Meroket, Pengusaha Bisa Isi Ulang 200 Tabung Oksigen per Hari

Harga tabung oksigen ikutan melonjak gila-gilaan

Jakarta, IDN Times - Kebutuhan penggunaan tabung oksigen kian meningkat seiring dengan melonjaknya kasus COVID-19. Permintaan sewa, beli hingga isi ulang juga semakin meningkat. 

Salah satu pengusaha tabung oksigen di Tangerang Selatan, Dani Sanjaya menjelaskan bahwa permintaan tak sebanding dengan stok barang. Dalam sehari, isi ulang oksigen bisa mencapai 200 tabung untuk semua ukuran, namun menurutnya paling banyak ukuran 1 meter kubik.

"Memang permintaan oksigen lagi tinggi tapi barangnya gak ada, tabung oksigen kosong di pasaran," ujar dia saat dihubungi IDN Times, Senin (28/6/2021).

1. Harga tabung set komplet mencapai Rp2,5 juta

COVID-19 Meroket, Pengusaha Bisa Isi Ulang 200 Tabung Oksigen per HariIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Dia menjelaskan bahwa harga oksigen dan tabungnya melonjak tinggi. Untuk tabung ukuran 2 meter kubik atau setinggi 78 sentimeter saat ini harga satu setnya mencapai Rp2,5 juta, naik hampir tiga kali lipat dari harga normal.

"Kemarin terakhir tabung 2 meter kubik satu set komplit sudah diharga Rp2,5 juta kalo harga normal paling mahal Rp1 juta," kata Dani.

Dani menjelaskan bahwa banyak pelanggan dari luar Tangerang Selatan berburu oksigen hingga ke tempatnya.

"Dari Citra Raya, Cikupa sama yang dari Jakarta Barat yang isi ulang oksigen," ujarnya.

Baca Juga: Anies: Kebutuhan Oksigen Pasien COVID-19 Meningkat hingga 3 Kali Lipat

2. Kewalahan isi ulang oksigen 24 jam non stop

COVID-19 Meroket, Pengusaha Bisa Isi Ulang 200 Tabung Oksigen per Hariilustrasi (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Dani mengatakan bahwa pihaknya bahkan kewalahan mengisi ulang oksigen karena permintaan yang meningkat, apalagi karena tokonya buka 24 jam non stop untuk melayani kebutuhan pasokan oksigen.

Sebelumnya, Dani juga membuka jasa penyewaan tabung oksigen, namun karena kondisi kasus COVID-19 kian meningkat pihaknya kini hanya melayani penjualan tabung oksigen dan isi ulang.

"Kalau di saya masih normal isi ulang gak ada kenaikan, kalau di tempat-tempat lain sih udah naik. Saya gak bisa kalau naikin isi ulangnya hanya tabung aja karena dari sananya (distributor) sudah naik juga," ujar dia.

3. Saat lewat, mobil pengangkut tabung sering ditanyai tiba-tiba oleh warga

COVID-19 Meroket, Pengusaha Bisa Isi Ulang 200 Tabung Oksigen per HariIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Adik Dani bahkan mengatakan bahwa mobil bak terbuka yang biasanya membawa tabung kerap ditanyai warga saat melewati komplek perumahan. Mereka menanyakan apakah tabung yang dibawa bisa disewa atau dijual.

IDN Times mencoba melihat harga penjualan tabung di sejumlah aplikasi jual beli online, banyak stok tabung yang habis dan harga jualnya bahkan bisa mencapai Rp3,5 juta untuk tabung ukuran 2 meter kubik set lengkap. Set lengkap yang dimaksud adalah tabung, isi, troli dan regulator.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Meledak, Tabung Oksigen Diburu di Pasar Pramuka

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya