Comscore Tracker

Dalami Kasus Anji-Hadi Pranoto, Polda Metro Jaya Klarifikasi Pelapor

Barang bukti berupa USB dan transkrip wawancara diserahkan

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus  menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan klarifikasi pada Ketua Umum Cyber Indonesia yakni Muannas Alaidid terkait laporannya soal video musisi Anji dan Hadi Pranoto.

"Sampai dengan sore kemarin pelapor sudah kita lakukan klarifikasi, yang bersangkutan (Muannas) sudah hadir dengan membawa beberapa barang bukti yang memang dimiliki oleh pelapor," kata Yusri saat dikonfirmasi, Rabu (5/8/2020).

1. Muannas berikan barang bukti berupa USB hingga transkrip wawancara Anji-Hadi

Dalami Kasus Anji-Hadi Pranoto, Polda Metro Jaya Klarifikasi Pelaporinstagram.com/duniamanji

Yusri mengatakan bahwa guna mendukung laporannya, Muannas membawa sejumlah barang bukti, mulai dari Universal Serial Bus (USB), transkrip video wawancara Anji dan Hadi serta video wawancara yang diunggah ke YouTube channel Duniamanji.

"Ini barang bukti masih kita dalami oleh tim penyidik dan ini masih dalam penyelidikan," kata dia.

Baca Juga: Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuber

2. Akan hadirkan dua saksi ahli

Dalami Kasus Anji-Hadi Pranoto, Polda Metro Jaya Klarifikasi PelaporKepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus saat Konferensi Pers Kasus John Kei di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa polisi akan memanggil dua saksi ahli untuk mendalami kasus ini. Polisi mendatangkan saksi ahli bahasa karena berkaitan dengan pasal yang dipersangkakan pada Anji dan Hadi yakni pasal 28 junto pasal 45 UU ITE.

"Transkrip ini akan kita coba pelajari, nanti akan memeriksa saksi ahli dalam hal ini ahli bahasa karena masuk unsur persangkaan penyebaran berita bohong atau hoaks," kata Yusri

Serta, polisi juga akan memanggil Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berkaitan dengan klaim obat herbal anti COVID-19 yang diproduksi Hadi dan baru akan menjadwalkan pemanggilan Anji dan Hadi.

"Dijadwalkan kalau semua sudah lengkap. Itu mekanismenya," kata dia.

3. Polisi akan panggil Anji dan Hadi pekan ini

Dalami Kasus Anji-Hadi Pranoto, Polda Metro Jaya Klarifikasi PelaporPenyanyi Anji bersama dengan Hadi Pranoto berfoto bersama (Instagram.com/duniamanji)

Yusri menjelaskan jika semua hal dalam proses penyelidikan sudah lengkap dan saksi sudah dihadirkan oleh pelapor, maka polisi akan melakukan gelar perkara dan menentukan apakah kasus Anji-Hadi bisa naik ke penyidikan.

Dia mengatakan bahwa kemungkinan pekan ini, dua terlapor bisa dihadirkan ke Polda Metro Jaya.

"Mudah-mudahan Insyaallah, karena ini kan jadi sorotan publik sudah beredar di media sosial. Sudah jadi atensi juga kita akan upayakan secepatnya," kata dia.

Baca Juga: Polisi Masih Cari Unsur Pidana di Video Anji dan Hadi Pranoto

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya