Dear Laki-laki, Kalian Punya Peran Mendukung Kesetaraan Gender Lho!

Kesetaraan gender juga bicara perjuangan hak kemanusiaan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) meluncurkan kampanye #LelakiTurutSerta.

Hal ini dilakukan dalam upaya mengajak laki-laki untuk ikut mendukung peningkatan kesetaraan gender di Indonesia, terutama di tempat kerja. Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Indra Gunawan menjelaskan kesetaraan gender juga berbicara soal perjuangan hak kemanusian.

"Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, laki-laki memiliki peran untuk bisa berbagi ruang serta mendukung perempuan untuk berkembang dan meraih kesempatan yang seluas-luasnya. Hakikat dari kesetaraan gender adalah memastikan perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan dan akses yang sama, ikut berpartisipasi, terlibat dalam akses pembangunan, memperoleh manfaat, dan ikut mengontrol hasil pembangunan," kata dia dalam Webinar #LelakiTurutSerta: Involving Men to Break the Bias yang dilihat Senin (14/3/2022).

 

1. Kesetaraan gender bisa dicapai dengan mengubah paradigma dan pola pikir laki-laki

Dear Laki-laki, Kalian Punya Peran Mendukung Kesetaraan Gender Lho!Ilustrasi pekerja pabrik. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Dia menjelaskan, KemenPPPA telah melakukan upaya pengarusutamaan gender sejak tahun 2000, terutama kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

“Kami meyakini upaya mewujudkan kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengubah paradigma dan pola pikir laki-laki untuk memberi ruang kepada perempuan. Upaya ini perlu kita lakukan bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Menteri PPPA Minta Pengusaha Dukung Percepatan Kesetaraan Gender 

2. Dorong keterlibatan perempuan sama dengan dorong produktivitas di perusahaan

Dear Laki-laki, Kalian Punya Peran Mendukung Kesetaraan Gender Lho!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Indra menuturkan, kemajuan perempuan di tempat kerja adalah salah satu prioritas dalam mewujudkan kesetaraan gender.

“Dengan adanya berbagai keragaman, ekuitas, dan inklusi, perusahaan akan memperoleh manfaat dan benefit dari hasil upaya perwujudan kesetaraan gender. Dengan mendorong keterlibatan perempuan di perusahaan, ini akan mendorong produktivitas perusahaan,” katanya.

Menurut dia, dunia usaha dapat berperan dalam memberdayakan perempuan dengan berbagai cara, termasuk menjamin terpenuhinya hak perempuan di dunia kerja, seperti cuti melahirkan, cuti keguguran, cuti mentruasi, perlindungan dari kekerasan di tempat kerja, hingga memaksimalkan berbagai potensi untuk dapat berkembang di jenjang karier.

3. Peran laki-laki dalam mempromosikan kesetaraan gender

Dear Laki-laki, Kalian Punya Peran Mendukung Kesetaraan Gender Lho!Ilustrasi kesetaraan gender. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, Dewan Pembina IBCWE, Yono Reksoprodjo sepakat laki-laki harus terlibat secara aktif dalam mempromosikan kesetaraan gender. Sebab, ketidaksetaraan gender dapat membatasi kemampuan individu dan bisnis untuk mencapai potensi penuh mereka.

“Keterlibatan dan dukungan menjadi sangat penting, termasuk laki-laki. Menurut survei, ketika laki-laki terlibat langsung dalam keberagaman gender, baik laki-laki maupun perempuan percaya bahwa perusahaan mereka dapat membuat kemajuan yang jauh lebih besar dan dapat mencapai kesetaraan gender. Kami mengucapkan terima kasih kepada KemenPPPA yang turut mendukung kampanye ini untuk mencapai keberagaman dan inklusi di tempat kerja,” ujar Yono.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Menteri PPPA: Terus Gelorakan Kesetaraan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya