Demo Kedubes Prancis dan Tolak Omnibus Law Bubar, Jalan Kembali Normal

Ada dua demo yang berlangsung di Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Ratusan buruh dan organisasi masyarakat atau ormas yang demonstrasi di Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020), telah membubarkan diri.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, lalu lintas dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang sempat terhambat sudah kembali normal.

"Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI yang menuju ke arah utara sudah kita buka," kata dia kepada awak media, Senin (2/11/2020).

Baca Juga: 7.766 Personel Gabungan Amankan Demo Macron dan Omnibus Law

1. Beberapa jalur masih dialihkan

Demo Kedubes Prancis dan Tolak Omnibus Law Bubar, Jalan Kembali NormalDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Polisi juga sempat menunggu jalur dari arah utara ke selatan dibuka, karena massa yang berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis bergantian meninggalkan lokasi.

"Kemudian untuk arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim, Kebon Sirih, masih kita alihkan," ujar Sambodo.

2. Jalan menuju Harmoni sudah dibuka

Demo Kedubes Prancis dan Tolak Omnibus Law Bubar, Jalan Kembali NormalDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo (ANTARA/Fianda Rassat)

Sementara, massa buruh yang melakukan unjuk rasa di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha juga sudah membubarkan diri.

Sehingga jalan menuju Harmoni, Jakarta Pusat, sudah bisa dibuka kembali atau normal.

3. Massa tolak omnibus law dan kecam Presiden Emmanuel Macron padati Jakarta Pusat

Demo Kedubes Prancis dan Tolak Omnibus Law Bubar, Jalan Kembali NormalPengunjuk rasa membentangkan poster saat unjuk rasa menolak Undang-undang Cipta Kerja di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Perlu diketahui, kecaman pada Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menghina Islam menuai respons masyarakat Indonesia. Sejumlah massa dari elemen Persaudaraan Alumni (PA) menggelar demonstrasi di depan kantor Kedutaan Prancis, Jakarta Pusat, Senin.

Tak hanya itu, massa yang terdiri dari buruh juga kembali menyuarakan penolakan terhadap Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja dan meminta kenaikan upah minimum 2021 di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Ada Demo di Sekitar Istana, Ini Daftar Rute yang Dialihkan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya