Comscore Tracker

Dinas SDA Jakarta: Genangan Air di Monas Surut dalam 30 Menit

Tidak ada pengaruh dari revitalisasi di Monas

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Dudi Gardesi, mengklaim bahwa genangan yang terjadi tidak disebabkan oleh proses revitalisasi Monas yang sedang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini.

“Oh gak, saya gak lihat itu (revitalisasi), saya lihatnya cuma curah hujan tinggi, sehingga menyebabkan airnya agak tinggi,” kata Dudi saat dihubungi IDN Times, Sabtu (25/1).

1. Ada satgas yang berjaga di Monas

Dinas SDA Jakarta: Genangan Air di Monas Surut dalam 30 MenitSekertaris Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta, Dudi Gardesi Asikin (IDN Times/Lia Hutasoit)

Saat terjadi genangan di Monas, Dudi mengatakan bahwa pihaknya selalu siaga dengan menurunkan Satuan Tugas (Satgas) untuk berkeliling area Monas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar genangan air tidak semakin parah.

“Jadi memang Satgas kami sendiri mengamati sedemikian rupa, berupaya supaya genangan itu tidak memperparah jadi lebih tinggi,” ujar dia.

Baca Juga: Hujan Tidak Ekstrem, Kenapa Jakarta Banjir Lagi? Ini Kata Ahli dari UI

2. Pompa air disiapkan untuk antisipasi hujan hingga 29 Januari 2020

Dinas SDA Jakarta: Genangan Air di Monas Surut dalam 30 MenitIDN Times/Hana Adi Perdana

Terkait dengan masih adanya potensi hujan lebat hingga 29 Januari nanti, Dudi mengatakan bahwa pihak DKI Jakarta telah menyiagakan pompa-pompa air yang ada dengan mengecek kondisi pompa yang ada agar selalu dalam kondisi yang prima.

“Memang ada beberapa yang sedang diperbaiki, tapi kita upayakan,” ujar dia.

3. Ada 189 pompa air yang dipersiapkan Pemprov DKI

Dinas SDA Jakarta: Genangan Air di Monas Surut dalam 30 Menit(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pompa yang ada digunakan untuk memaksimalkan daerah yang memang tergenang banjir untuk dimobilisasi ke daerah yang memerlukannya. Total, kata Dudi ada sekitar 189 unit pompa yang dimiliki oleh DKI Jakarta, dengan berbagai ukuran dan spesifikasi.

Baca Juga: Monas Banjir karena Ada Proyek Revitalisasi?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya