Comscore Tracker

Dirlantas Polda Metro Diganti, Sambodo Kini Jenderal Bintang Satu

Digantikan oleh Kombes Pol Latif Usman

Jakarta, IDN Times - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi dan melepas sejumlah jabatan anggotanya yang berada di tingkat perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati). 

Salah satu nama yang dirotasi adalah Dirketur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022.

"Iya betul ST ini benar," kata  Karo Penmas Div Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (21/6/2022).

1. Kini Dirlantas Polda Metro Jaya dipegang oleh Latif Usman

Dirlantas Polda Metro Diganti, Sambodo Kini Jenderal Bintang SatuDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

ST yang ditandatangani oleh AS SDM Polri, Irjen Pol Wahyu Widada ini memuat perpindahan jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya yang kini diemban oleh Kombes Pol Latif Usman yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Jawa Timur.

Sementara itu, Kombes Pol Sambodo menerima jabatan baru sebagai Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri). Dia pun kini naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan UU Polri soal Kewenangan Polri Geledah HP Warga

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Operasi Patuh Jaya Hari Ini hingga 3 Oktober

2. Kini Kabag Penum Ropenmas dipimpin oleh Polwan

Dirlantas Polda Metro Diganti, Sambodo Kini Jenderal Bintang SatuKabag Penum Ropenmas Divisi Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko. (dok. Humas Polri)

Bukan hanya Sambodo, Kombes Gatot Repli Handoko yang merupakan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri juga dimutasi menjadi Kepala Biro (Karo) Multimedia Div Humas Polri menggantikan Brigjen Pol Muharrom Riyadi yang pensiun.

Kini, jabatan Kabag Penum Humas Polri diemban oleh seorang polisi wanita atau polwan yakni Kombes Pol, Nurul Azizah yang sebelumnya merupakan Kaprodi S3 Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

3. Ada sejumlah Kapolda yang emban jabatan baru

Dirlantas Polda Metro Diganti, Sambodo Kini Jenderal Bintang SatuKapolri lantik 44 eks pegawai KPK jadi ASN Polri di Mabes Polri, Kamis (9/12/2021). (dok. Humas Polri)

Setelah itu, ada sejumlah Kapolda yang juga dimutasi. Antara lain Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang kini menduduki jabatan baru sebagai Wakil Inspektorat Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri. Ia digantikan oleh Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga yang dulu bertugas di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Adapula Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno yang menduduki jabatan baru dengan jabatan di luar struktur, yakni di Kementerian Perhubungan. Kemudian Kapolda Gorontalo, Irjen Akhmad Wiyagus yang kini menjadi sebagai Kapolda Lampung. Ia digantikan oleh Irjen Pol, Helmy Santika yang sebelumnya Staf Ahli Manajemen Kapolri.

Baca Juga: Denda Tilang Elektronik Tembus Rp639 M, Polri Mau Perluas Titik Kamera

Baca Juga: Polri Siap Dirikan Polres, Polsek dan Brimob di IKN Tahun Depan

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya