Comscore Tracker

Dirut Baru TransJakarta Ternyata Terpidana Kasus Penipuan 

Sidang kasus penipuan pertama berlangsung pada April 2018

Jakarta, IDN Times - Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya mengatakan ada dugaan maladministrasi dari penunjukan Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama TransJakarta. Donny diduga terjerat kasus penipuan.

Ombudsman meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar meninjau ulang penunjukan Donny. 

"Betul, sejauh ini data yang kami peroleh begitu," kata Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Teguh Nugroho, saat dikonfirmasi Senin (27/1).

1. Ombudsman akan lakukan penelusuran

Dirut Baru TransJakarta Ternyata Terpidana Kasus Penipuan IDN Times/Fariz Fardianto

Teguh mengatakan, untuk detail mengenai kasus penipuan tersebut pihak Ombudsman sedang mendalaminya.

"Nanti setelah cukup lengkap akan kami sampaikan fakta-faktanya," kata dia.

Kecurigaan tersebut menurut Teguh muncul setelah ada masyarakat yang melaporkan pada Ombudsman.

"Konsultasi masyarakat, terkait pengangkatan Dirut TransJakarta merupakan kewenangan Ombudsman atau bukan. Dari konsultasi tersebut kami melakukan tracking," ujar dia.

Baca Juga: Transjakarta Tidak Khawatir Gunakan Bus Listrik Pabrikan Tiongkok

2. Donny telah menjalani sidang pertama pada April 2018

Dirut Baru TransJakarta Ternyata Terpidana Kasus Penipuan Ilustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan penelusuran IDN Times melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kasus Donny tercatat dengan nomor perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman.

Tanggal sidang pertama tercatat pada 30 April 2018. Donny tidak sendiri, dalam kasus ini dia tercatat melakukan penipuan bersama rekannya Porman Tambunan atau Andi Tambunan.

Mereka didakwa melakukan tindak pidana penipuan dan diancam pidana dalam Pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP dengan tuntutan 2 tahun penjara.

3. Ombudsman desak Pemprov DKI Jakarta untuk usut kasus ini

Dirut Baru TransJakarta Ternyata Terpidana Kasus Penipuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Berangkat dari kasus tersebut Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya mendesak agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memeriksa rekam jejak Donny sejak dulu.

"Kami berharap agar Pemprov DKI melakukan penelusuran rekam jejak yang bersangkutan," kata dia.

Untuk diketahui, dilansir melalui Antara, Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Donny Andy Saragih diangkat menjadi Direktur Utama PT TransJakarta yang baru menggantikan ​​Agung Wicaksono mengundurkan diri, pada Kamis (23/1).

"Pengangkatan Saudara Donny Andy S. Saragih sebagai direktur utama didasarkan pada pertimbangan untuk mengembangkan PT Transportasi Jakarta ke depannya. Yang bersangkutan memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi," ujar Sekretaris Perseroan dan Humas TransJakarta Nadia Disposanjoyo.

Baca Juga: [BREAKING] Dirut Transjakarta Agung Wicaksono Resmi Mundur

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya