Comscore Tracker

Disdik DKI: 13 Juli Bukan Pembukaan Kembali Sekolah!

Disdik menyebut 13 Juli 2020 ada awal Tahun Ajaran Baru

Jakarta, IDN Times - Terkait dengan kabar menyebarnya kalender pendidikan yang menyatakan bahwa sekolah hari pertama atau pembukaan sekolah dimulai pada 13 Juli 2020, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Nahdiana menjelaskan, rencana pembukaan baru akan akan dilakukan jika kondisi telah aman.

"Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada permulaan tahun pelajaran baru tersebut bukan merupakan pembukaan kembali sekolah. Pembukaan sekolah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata dia kepada wartawan, Kamis (28/5).

1. Perubahan jadwal bisa saja dilakukan

Disdik DKI: 13 Juli Bukan Pembukaan Kembali Sekolah!ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Dia juga mengatakan bahwa perubahan awal tahun pelajaran bisa dilakukan apabila ada kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal itu bisa saja dilakukan mengingat saat ini, pandemik COVID-19 belum berakhir.

Baca Juga: Catat, Ini Kalender Pendidikan 2020-2021 Wilayah DKI Jakarta

2. Keputusan yang dikeluarkan adalah dasar dan pedoman

Disdik DKI: 13 Juli Bukan Pembukaan Kembali Sekolah!(Ilustrasi siswa saat belajar di rumah) ANTARA FOTO/Arnas Padda

Nahdiana juga mengatakan bahwa Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No 467 tahun 2020 tentang kalender Pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 adalah dasar dan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan selama satu tahun.

"Di mana permulaan Tahun Pelajaran Baru dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 dan berakhir pada tanggal 25 Juni 2021," pungkasnya.

3. Kalender dari Disdik DKI tandai tanggal 13 Juli kegiatan sekolah dimulai

Disdik DKI: 13 Juli Bukan Pembukaan Kembali Sekolah!(Ilustrasi aktivitas di sekolah) IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Disdik DKI Jakarta memang mengeluarkan kalender pendidikan tahun ajaran 2020/2021 yang terlampir dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 467 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Dalam kalender tersebut, ditandai bahwa kegiatan belajar mengajar tingkat PAUD/SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/SMK/MAK di wilayah DKI Jakarta akan dimulai pada 13 Juli 2020.

Lewat kalender pendidikan yang dirilis pada Kamis (28/5) itu juga tertulis bahwa pada tanggal 13-15 Juli ditandai dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Selain itu, kegiatan sekolah lainnya yang akan dilakukan di tanggal tersebut adalah, dengan melakukan proses administrasi kelas.

Baca Juga: Disdik DKI Keluarkan Kalender, Sekolah Mulai Dibuka 13 Juli?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya