Comscore Tracker

DKI Buka TPU Bambu Wulung, Sudah 162 Jenazah COVID-19 Dimakamkan

Dibuka karena TPU Srengseng Sawah sudah penuh

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan tempat pemakaman umum (TPU) Bambu Wulung, Jakarta Timur untuk pemakaman jenazah COVID-19. Kapusdatin Dinas Pertamanan DKI Jakarta Ivan Murcahyo mengatakan ada 3.000 meter lahan yang dipersiapkan.

"Kapasitas 800 petak makam. Kalau untuk area sekitar 3.000 meter yang sudah siap," kata dia saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa (26/1/2021).

Sejak dibuka pada Senin, 25 Januari 2021 sudah ada sejumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol tetap COVID-19 di sana.

"Per tanggal 25 pukul 20.00 WIB itu 162 (jenazah)," ujarnya.

1. TPU Bambu Wulung khusus untuk jenazah muslim

DKI Buka TPU Bambu Wulung, Sudah 162 Jenazah COVID-19 DimakamkanProses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020) (IDN Times/Aldila Muharma - Fiqih Damarjati)

Penggunaan lahan di TPU Bambu Wulung kata dia, dikhususkan untuk jenazah pasien COVID-19 yang beragama Islam. Dia menjelaskan selain TPU Bambu Wulung ada TPU lain yang memang dikhususkan untuk jenazah muslim, yakni TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan namun kondisinya sudah penuh dan dialihkan ke Bambu Wulung.

"Muslim kan masih kita buka dua lokasi, tapi kemarin siang sudah kita tutup di Srengseng Sawah," kata Ivan.

Baca Juga: Selama Pandemik, DKI Jakarta Makamkan 190 Jenazah dalam Sehari

2. Ada 1,3 hektare lahan di TPU Tegal Alur yang siap dibuka

DKI Buka TPU Bambu Wulung, Sudah 162 Jenazah COVID-19 DimakamkanProses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Ivan juga mengatakan bahwa pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan pembukaan lahan seluas 1,3 hektare di TPU Tegal Alur, Jakarta Utara untuk menampung jenazah COVID-19. Jenazah COVID-19 yang beragama Kristen kata Ivan dikirimkan ke TPU Tegal alur.

"Itu luasnya kira-kira sekitar 1,3 hektare. Itu kita siapkan pemakaman jenazah Muslim protap COVID-19 sejumlah 2.700 petak. Saat ini posisi masih persiapan, yang Jalan Sahabat itu," kata dia.

3. TPU Rorotan diperkirakan siap pada awal Februari

DKI Buka TPU Bambu Wulung, Sudah 162 Jenazah COVID-19 DimakamkanSeorang ibu melihat proses pemakaman jenazah keluarganya yang meninggal dunia karena COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka area pemakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah karena Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 telah penuh (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Selain itu, TPU Rorotan, Jakarta Utara juga tengah dipersiapkan untuk segera dibuka pada Februari 2021. Ivan mengatakan bahwa petak makam di sana sudah siap, namun akses jalan menuju pemakaman masih dikerjakan.

"Mudah-mudahan sih kalau kita bisa kejar nih dan cuaca terang terus gak banyak hujan ya, bisa kita segerakan di minggu pertama atau minggu kedua di bulan Februari," kata dia.

Dia mengatakan pemakaman di Bambu Wulung masih dioptimalkan sebelum dibagi ke Rorotan.

Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan 5 TPU Seluas 3,3 Hektare bagi Korban COVID-19 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya