Comscore Tracker

DKI Jakarta Kaji Penutupan Tempat Wisata saat Libur Lebaran

Tempat wisata bakal jadi sasaran masyarakat untuk berlibur

Jakarta, IDN Times - Plt Kabid Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta Dedi Sumardi mengatakan bahwa pihaknya masih mengkaji penutupan tempat wisata di masa libur hari raya Idul Fitri. Saat ini, pembahasan masih terus dilakukan oleh pihaknya dan kepolisian.

"Ini lagi dibahas dikoordinasikan ya. Karena kemarin kan waktu rapat di Polda (Polda Metro Jaya) pak Kapolda minta ditutup," kata dia saat dikonfirmasi awak media, Kamis (7/5/2021).

Baca Juga: Kemenag Izinkan Salat Idul Fitri Jemaah dan Takbiran, Ini Panduannya

1. Tempat wisata jadi sasaran masyarakat

DKI Jakarta Kaji Penutupan Tempat Wisata saat Libur LebaranPengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020) (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Dedi mengatakan bahwa Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadhil Imran meminta penutupan tempat wisata dalam rangka meminimalisir dan mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 saat libur lebaran. Apalagi, masyarakat tidak bisa melakukan mudik.

"Kebetulan tempat wisata jadi sasaran utama masyarakat untuk berliburan," ujarnya.

Baca Juga: Daftar 381 Titik Penyekatan Larangan Mudik, Terbanyak di Jawa Barat 

2. Akan ada klausul terkait aturan buka tempat wisata saat lebaran

DKI Jakarta Kaji Penutupan Tempat Wisata saat Libur Lebaran(Libur Nasional dan Cuti bersama dimanfaatkan warga Jakarta untuk bertamasya ke Ancol dan hingga Kamis (29/10) pukul 14.00 WIB pengunjung Ancol mencapai 23.000 orang) ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Pihaknya kini sedang membahas tempat wisata yang saat ini tetap beroperasi agar bisa ditutup atau memang tetap dibuka.

Dedi menyampaikan bahwa pihaknya sampai saat ini masih mengkaji tempat wisata yang akan ditutup. Namun demikian, sejumlah pengelola tempat wisata juga meminta Pemprov DKI Jakarta untuk tetap mengizinkan beroperasi.

"Kalau mereka sih pengennya buka sih pak, itu kan menyangkut masalah pemasukan dari mereka ya, kan diharapkan itu lebaran ini bisa sedikit menutup kekurangan selama ini. Tapi kalau ada kebijakan dari pimpinan pak Gubernur atau Kapolda kan kemarin minta, diharapkan sih bisa ditutup gitu," ujarnya.

3. Kapolda khawatir ada kerumunan

DKI Jakarta Kaji Penutupan Tempat Wisata saat Libur LebaranSalah satu objek wisata di DKI Jakarta. (IDN Times/Kevin Handoko)

Dedi menyampaikan kekhawatiran pihak kepolisian akan potensi munculnya klaster COVID-19 di tempat wisata saat libur lebaran.

"Dihawatirkan terjadinya kerumunan terutama di tempat-tempat wisata maka pihak Polda menginginkan agar tempat wisata ditutup," ujar Dedi.

Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta saat ini sudah membuka sejumlah tempat wisata, yakni Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, hingga Ragunan.

"Terus kemarin dari polda minta di PIK ada pantai pasir kalau gak salah, punya pengembang sih, internal pengembang itu," imbuh dia.

Baca Juga: Kemenkes: Tidak Ada Klaster Perkantoran, Tapi Klaster Jabodetabek 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya