DPRD DKI Bikin Pansus Banjir Bukan untuk Jatuhkan Anies Baswedan

Berharap kerja Gubernur Anies lebih mudah

Jakarta, IDN Times - Banjir yang melanda DKI Jakarta sejak awal tahun baru membuat DPRD DKI mengambil langkah dengan membuat Panitia Khusus (Pansus) banjir DKI Jakarta.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, menjelaskan adanya pansus ini, menurutnya, tidak berlandaskan pada keinginan untuk menjatuhkan siapa pun.

"Kami berharap kerja Pak Anies jadi lebih mudah setelah ada pansus ini. Jadi, ini bukan soal serang-menyerang atau memojokkan," kata Zita kepada IDN Times, Senin (2/3).

1. Akan mulai bekerja pekan ini atau pekan depan

DPRD DKI Bikin Pansus Banjir Bukan untuk Jatuhkan Anies BaswedanWakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Terkait kapan nantinya pansus ini akan mulai bekerja, Zita belum bisa memastikannya, namun dia memperkirakan gertakan tersebut akan hadir pada pekan ini atau pekan depan. DPRD masih melakukan komunikasi melalui badan musyawarah.

"Mudah-mudahan minggu ini atau minggu depan beres. Kalau sudah klop semua, tinggal jalan," kata dia.

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

2. Menyasar keresahan masyarakat karena banjir

DPRD DKI Bikin Pansus Banjir Bukan untuk Jatuhkan Anies BaswedanInstagram/@zitaanjani

Konteks pelaksanaan pansus ini, kata Zita, adalah menyoal pada keresahan warga Jakarta beserta isu krusial seperti masalah kerugian yang diakibatkan banjir.

"Berapa besar kerugian yang diderita warga dan bagaimana mempercepat recovery-nya," ujarnya.

Dari isu-isu seperti yang dia jabarkan nantinya pansus akan mendorong Gubernur Anies Baswedan untuk segera melakukan penyelesaian.

3. Ingin semuanya terbuka

DPRD DKI Bikin Pansus Banjir Bukan untuk Jatuhkan Anies BaswedanANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Dia berharap pansus banjir ini dapat menjadi solusi dan membuka keadaan yang sebenarnya terjadi banjir DKI Jakarta dan melakukan penyelarasan terkait masalah yang terjadi di ibu kota.

"Kami ingin semuanya terbuka. Dari pusat sampai daerah terang masalahnya, jadi dari sini kami ingin semuanya sinkron dan saling mengisi," kata dia.

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir Jakarta

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya