Comscore Tracker

DPRD DKI Minta Anies Biayai Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta

"Biar masyarakat menilai kepedulian soal pendidikan di DKI"

Jakarta, IDN Times  - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, meminta sekolah yang ada di DKI Jakarta bisa menalangi biaya pendidikan bagi peserta didik yang tidak mampu.

Zita mengatakan, jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mengindahkan hal tersebut, biar masyarakat yang menilai kepedulian soal pendidikan di DKI Jakarta.

"Masyarakat bisa menilai sendiri siapa yang peduli. Kami terus kawal. Kami, DPRD, sudah sepakat. Gratiskan swasta bagi yang tidak mampu, tidak boleh ada yang terdiskriminasi karena sistem penerimaan. Ini sangat menyedihkan. Sebagai seorang ibu, saya sedih sekali,” kata Zita dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (15/7/2020).

1. Terima aduan masyarakat tak mampu yang putus sekolah dan masuk sekolah swasta

DPRD DKI Minta Anies Biayai Siswa Tak Mampu di Sekolah SwastaANTARA FOTO/Septianda Perdana

Zita meminta pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk menggratiskan biaya pendidikan bagi peserta didik tidak mampu.  

Hal ini berkaitan dengan adanya aduan masyarakat tidak mampu yang tertolak oleh sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 dan putus sekolah atau masuk ke swasta.

"Saya setuju sistem zonasi untuk pemerataan akses pendidikan. Setiap warga, mendapatkan yang terbaik. Namun, itu tidak boleh diskriminatif. Banyak yang harus putus sekolah karena terpinggirkan oleh sistem. Saya pimpinan perempuan satu-satunya, berdosa saya kalau sampai ada anak di DKI putus sekolah. Ibu-Ibu lapor saya semua," kata Zita.

Baca Juga: PSI Usulkan Pemprov DKI Menyubsidi Uang Pangkal untuk Pelajar Swasta

2. Masyarakat semakin terbebani saat COVID-19

DPRD DKI Minta Anies Biayai Siswa Tak Mampu di Sekolah SwastaKetua Fraksi Golkar, Basri Baco dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani (IDN Times/Aryodamar)

Zita menjelaskan bahwa pembebasan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu yang masuk sekolah swasta bisa dilakukan, apalagi selama wabah COVID-19, beban masyarakat menjadi semakin berat.

"Jadi, yang tidak mampu tidak boleh putus sekolah, masuk swasta harus dibantu. Saya mohon kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Minta bantuannya, disampaikan pada Pak Gubernur yang terhormat," tambah Zita.

3. Disdik DKI janji berikan solusi terkait masalah ini

DPRD DKI Minta Anies Biayai Siswa Tak Mampu di Sekolah SwastaKepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana (Tangkapan layar telekonferensi Kemendikbud bersama Disdik DKI Jakarta)

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan solusi pada peserta didik yang tidak mampu dan tak memiliki kesempatan duduk di bangku sekolah negeri.

Nahdiana dalam rapat kerja dengan komisi E DPRD DKI Jakarta Selasa (14/7/2020), mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih mendata peserta didik, terutama bagi pemegang KJP yang tak bisa bersekolah di sekolah negeri.

Dia mengatakan bahwa pemerintah daerah tidak ingin ada anak-anak yang tak bisa mendapat pendidikan di ibu kota yang karena masalah ekonomi.

"Ini yang sedang kami sasar, dari sistem itu mereka yang tidak diterima di sekolah negeri," kata Nahdiana seperti dilansir melalui ANTARA, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Disdik DKI Beri Solusi Siswa Tak Mampu yang Gak Lolos PPDB 2020

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya