Dua Warga Sipil Jadi Korban Penembakan KKB di Papua

Salah satu korban mengalami luka sayatan di atas kening

Jakarta, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi penembakan terhadap warga sipil di Papua. Dua warga sipil Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua yang menjadi korban penembakan pada Senin 14 September 2020.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa penembakan itu terjadi pada pukul 13.50 WIT.

"Betul, terjadi penembakan terhadap dua orang warga sipil yang dilakukan oleh KKB di Kampung Mamba, Distrik Sugapa tepatnya di daerah Wabogombugapa Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya," kata Kombes Kamal saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

1. Korban juga mengalami luka sayatan

Dua Warga Sipil Jadi Korban Penembakan KKB di PapuaIlustrasi Senjata api, Senjata Api tersangka kasus John Kei (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Dia menjelaskan bahwa dua korban tersebut berinisial F (23) dan LOA (33). Tiap korban mengalami luka yang berbeda-beda. Ada korban yang mengalami luka sayat.

"Korban F mengalami luka tembak dan luka sayat di atas kening sedangkan LOA mengalami luka tembak di lengan tangan sebelah kanan," ujar Kamal.

Baca Juga: Terlibat Perang Tradisional, 16 Orang di Papua Terkena Anak Panah

2. Diduga pelaku dipimpin oleh Karel Tipagau dan Undius Waker

Dua Warga Sipil Jadi Korban Penembakan KKB di PapuaIlustrasi garis polisi (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kamal juga mengatakan, saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

Diduga pelaku penembakan tersebut adalah kelompok KKB yang dipimpin oleh Karel Tipagau dan Undius Waker.

3. Korban sudah dibawa ke RSUD Mimika

Dua Warga Sipil Jadi Korban Penembakan KKB di PapuaKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Dengan adanya kejadian ini, Polisi dan TNI langsung mengevakuasi dua korban itu dan dibawa ke RSUD Mimika untuk mendapat perawatan. 

"Aparat gabungan TNI-Polri mengevakuasi korban menggunakan Pesawat Rimbun Air DHC6-400/PK-OTJ dari Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya menuju Kabupaten Mimika," kata dia.

Baca Juga: Jaksa Kembalikan Berkas Perkara Joko Tjandra ke Polri, Ada Apa?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya