Comscore Tracker

Eks Jubir Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong Jadi Dirjen IKP Kemkominfo

Usman Kansong merupakan eks direktur Media Indonesia 

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Johnny G Plate melantik Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik atau Dirjen IKP Kemkominfo.

Johnny meminta Usman lebih akurat melakukan komunikasi publik dan melindungi masyarakat, serta memberikan penjelasan soal hoaks hingga infodemi yang tersebar di masyarakat.

“Tugas terdekat yang harus segera kita bersama lakukan adalah komunikasi publik yang akurat yang tepat dan gaya komunikasi, serta narasi sesuai segmentasi komunikasi kelompok masyarakat,” ujarnya di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

"Juga pemanfaatan dan penggunaan jaringan komunikasi serta media harus bisa dimanfaatkan secara efektif, guna melakukan orkestrasi informasi dan komunikasi yang efektif. Dengan harapan komunikasi ini yang menjadi sahabat dan teman masyarakat di setiap saat," sambung Johnny.

Baca Juga: Jokowi: Relawan Jokowi Itu Seksi, Bisa Antar Saya Presiden 2 Periode

1. Bertugas melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks

Eks Jubir Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong Jadi Dirjen IKP KemkominfoIDN Times/Sukma Shakti

Di tengah kemajuan teknologi informasi yang berpotensi adanya pemanfaatan ruang digital secara keliru, Dirjen IKP Kementerian Kominfo memiliki tugas untuk memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks.

“Menjadi tugas Ditjen IKP dan Kominfo secara keseluruhan untuk memastikan konter narasi, dan penjelasan kepada masyarakat agar masyarakat terlindungi dari infodemi,” kata Jhonny.

Pengangkatan Dirjen IKP Kementerian Kominfo tertuang dalam Surat Keputusan Presiden No 108/TPA/2021, tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

2. Pelaksaan tugas dilakukan dengan koordinasi dan kolaborasi

Eks Jubir Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong Jadi Dirjen IKP KemkominfoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pelaksanaan tugas itu, kata Jhonny, bisa dilakukan dengan cara koordinasi dan  kolaborasi, untuk menuju satu titik simpul yang optimal. Hal ini secara khusus menjadi perhatian di tengah pandemik COVID-19.

“Kita juga harus menghadapi infodemi dan inilah yang menjadi arena dan area tugas Direktorat Jenderal IKP Kominfo. Saya percaya Pak Usman sebagai bagian dari lingkungan media dan seorang jurnalis senior Indonesia, pasti mampu melaksanakannya dan dengan didukung jaringan media massa dan kanal media,” ungkapnya.

3. Usman Kansong mantan direktur tim kampanye Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019

Eks Jubir Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong Jadi Dirjen IKP KemkominfoUsman Kansong (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Usman Kansong lahir pada Jakarta, 13 April 1970. Lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatra Utara (1994) dan Program Pascasarjana Sosiologi Universitas Indonesia (2005) itu pernah bekerja di Harian Republika pada 1995-2000.

Sejak 2000, dia bekerja di Metro TV pada 2000-2009 dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager. Sejak 2009 hingga 2020 bekerja di Harian Media Indonesia, dengan posisi terakhir direktur pemberitaan. Usman pernah juga mengajar di sejumlah perguruan tinggi swasta.

Tak hanya itu, Usman Kansong juga pernah dipercaya menjadi direktur komunikasi kampanye Jokowi-Ma'aruf Amin pada Pilpres 2019.

Baca Juga: Tambah Abdee Slank, Ini 10 Relawan Jokowi yang Jadi Petinggi BUMN

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya