Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak Terjangnya

Ia pernah sukses menggelar Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times - Pengusaha sekaligus mantan ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, muncul di Kompleks Istana Negara pada Senin (21/20).

Mengenakan kemeja putih lengan pendek dan celana panjang hitam, kemunculan Erick diduga kuat terkait dengan bursa menteri yang saat ini sedang digodok Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Erick sebelumnya disebut-sebut akan mendapatkan jatah satu kursi menteri di pemerintahan kedua Presiden Jokowi ini. Hanya saja ia tak menyebutkan kementerian apa yang akan dipimpinnya. "Nanti ya, nanti," kata Erick Thohir kepada wartawan yang mengerubunginya.

Seperti apa rekam jejak Erick Thohir, yuk kita telusuri!

1. Erick lebih dikenal sebagai pengusaha

Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak TerjangnyaDok. IDN Times/Istimewa

Sebelum ditunjuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick lebih dikenal sebagai pengusaha sukses dengan kekayaannya diperkirakan mencapai Rp12 triliun.

Erick adalah pendiri berbagai perusahaan yang bergerak di bidang media. Perusahaannya antara lain Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak TV, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing), PT Radionet Cipta Karya, dan Harian Republika.

Pria kelahiran 1970 ini bersama Anindya Bakrie juga mendirikan TVOne dan situs berita  Viva news pada 2018.

Baca Juga: Erick Thohir Jajaki Peluang Investasi di Persis Solo

2. Erick sukses menjadi ketua penyelenggara Asian Games 2018

Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak TerjangnyaDok. IDN Times/Istimewa

Nama Erick semakin dikenal publik saat dirinya menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018. 

Saat itu upacara pembukaan Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno berlangsung dengan sangat meriah. Bahkan ada satu momen yang hingga kini masih dikenang publik, yakni ketika Presiden Jokowi mengendarai motor besar ke acara pembukaan.

Indonesia sendiri meraih sukses besar di ajang multieven internasional tersebut dengan menempati peringkat ke-4. Indonesia berhasil mengumpulkan 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Prestasi yang belum pernah diraih sebelumnya. 

3. Lulusan Amerika Serikat

Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak TerjangnyaDok. IDN Times/Istimewa

Erick merupakan lulusan Universitas Nasional California, Amerika Serikat, pada 1993. Saat itu ia mengambil jurusan Master of Business Administration.

Gelar sarjana ia peroleh di Glendale University. Dirinya kemudian meneruskan bisnis sang ayah selepas mendapat gelar sarjana di bidang restoran, yakni Hanamasa dan Pronto.

4. Erick berasal dari keluarga pengusaha

Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak TerjangnyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Erick adalah putra dari Teddy Thohir, salah seorang pemilik grup Astra International.
Ayahanda dari Erick Thohir ini meninggal pada 2016, keluarga kemudian membangun masjid untuk sang Ayah di Kawasan Depok dengan nama At-Thohir

Kakak Erick, Garibaldi Thohir, tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia nomor 16 menurut Forbes 2018 dengan total kekayaan US$ 1,6 miliar. Erick juga memiliki saudara kandung perempuan yakni Rika Thohir.

5. Merambah bidang olahraga

Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak TerjangnyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Tak hanya di bidang media, Erick juga merambah dunia olahraga dengan mengakuisisi klub Italia yakni FC Internazionale Milano (Inter Milan). Erick membeli 70 persen saham klub tersebut pada 2013 dengan perkiraan harga Rp4-5 triliun.

Namun akhirnya ia menjual saham tersebut pada pengusaha China, namun dirinya tetap menjabat sebagai presiden klub, menggantikan Moratti.

6. Erick dekat dengan dunia basket

Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak TerjangnyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Erick pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) periode 2006-2010 dan menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006-sekarang.

Selain itu ia juga sempat dipercaya menjadi komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London. Dirinya juga memiliki saham Klub basket Philadelphia 76ers serta klub Major League Soccer, D.C. United.

Baca Juga: Wishnutama dan Erick Thohir, Calon Menteri Jokowi dari Millennial

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya