Comscore Tracker

Fit and Proper Cawagub DKI Pengganti Sandiaga akan Terbuka untuk Umum

Uji kelayakan kepatutan akan dilakukan di forum paripurna

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan akan ada uji kelayakan dan kepatutan pada calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan mendampingi Anies Baswedan. Pengujian terhadap calon wagub pengganti Sandiaga Uno itu akan dilakukan secara terbuka dalam sebuah forum paripurna.

Sebelumnya Pemprov DKI telah memberikan dua nama calon wagub ke DPRD yakni Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

1. Uji kelayakan akan dilaksanakan di forum paripurna

Fit and Proper Cawagub DKI Pengganti Sandiaga akan Terbuka untuk UmumIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tersebut nantinya akan digelar saat rapat paripurna DPRD DKI berlangsung.

"Uji kelayakan nanti di forum paripurna. Kita bisa lihat," kata Prasetyo kepada awak media di Monas, Jakarta, Senin (27/1).

Ketika ditanya apa komentar dia terkait dua nama tersebut, Pras enggan berkomentar. Dia akan melihat hasil tes kedua calon tersebut.

Baca Juga: Cawagub DKI dari PKS Siap Pasang Badan Lindungi Anies dari Haters

2. Forum test and proper fit dua cawagub akan terbuka untuk umum

Fit and Proper Cawagub DKI Pengganti Sandiaga akan Terbuka untuk UmumIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dia berkata bahwa proses fit and proper ini akan berlangsung secara terbuka untuk umum supaya masyarakat dapat melihat apakah cawagub yang akan maju layak atau tidak untuk membantu menjalakan pemerintahan di DKI Jakarta.

"Setiap paripurna juga terbuka untuk umum dan masyarakat bisa melihat layak apa enggak ini jadi wagub, itu saja yang kita lihat," ujarnya.

3. Langkah DPRD selanjutnya dalam menyelenggarakan pemilihan Wagub DKI

Fit and Proper Cawagub DKI Pengganti Sandiaga akan Terbuka untuk UmumRapat paripurna DPRD DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

DPRD akan melakukan sejumlah langkah setelah menerima surat Pemprov DKI Jakarta, mulai menetapkan tata tertib pemilihan serta membuat aturan.

"Langkah selanjutnya, saya akan buat surat, Bamus-kan dulu, teruskan tatibnya, bagaimana aturannya, pola pemilihannya,  sedang kita pelajari. Karena kita perlu koordinasi dengan Kemendagri dengan aturan-aturan," kata dia.

Baca Juga: Cawagub DKI Nurmansjah ke Riza Patria: Abang di DPR Aja, Gue Wagub!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya