Gelar Tur Virtual Lagi, Ragunan Siarkan Langsung Primata Siamang Besok

Disiarkan live Instagram pukul 10.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, akan mengobati kerinduan pengunjung dengan mengadakan siaran langsung di Instagram bersama Siamang, pada Kamis (21/5) pukul 10.00 WIB.

"Minggu ini kalian akan kita ajak tur virtual di Instagram live bersama satwa primata yaitu Siaman, jangan sampai terlewat ya!" tulis akun Instagram @ragunanzoo, Selasa (19/5).

Taman Margasatwa Ragunan sebelumnya sudah menggelar wisata virtual yang menampilkan satwa mamalia, yakni Gajah Sumatera pada Minggu (10/5) dan Harimau Sumatera bernama Hana dan Tino pada Minggu (17/5).

1. Jadwal dimajukan karena Minggu bertepatan dengan Idulfitri

Melangutip kantor berita Antara, Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan Ketut Wardanan mengatakan agenda ini dipercepat, karena pada Minggu (24/5) bertepatan dengan Idulfitri.

"Pekan ini kita majukan jadwalnya, karena Minggu bertepatan dengan Idulfitri, maka kita alihkan di Kamis," ujar Ketut, Rabu (20/5).

Tur virtual ini, kata Ketut, dilakukan dengan variatif, dengan memilih satwa yang berbeda-beda. Sebelumnya telah ditampilkan mamalia dan karnivora, kini yang ditampilkan jenis satwa primata.

Baca Juga: Bonbin Ragunan Gelar Live Medsos Obati Kerinduan Masyarakat pada Satwa

2. Penonton siaran langsung sebelumnya mencapai 5.000 pengguna Instagram

Gelar Tur Virtual Lagi, Ragunan Siarkan Langsung Primata Siamang BesokIlustrasi Kebun Binatang (Dok.KLHK)

Tur virtual ini diharapkan dapat menghibur masyarakat yang tengah menjalankan karantina dan beraktivitas di rumah saja, semenjak berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketut menjelaskan tur virtual ini mendapat respons baik dari masyarakat, karena jumlah penonton Instagram live @ragunanzoo mencapai 5.000 pengguna Instagram.

3. Proses penanyangan cukup sederhana

Gelar Tur Virtual Lagi, Ragunan Siarkan Langsung Primata Siamang BesokLive virtual Kebun Binatang Ragunan bersama gajah (Instagram/@ragunanzoo)

Ketut menjelaskan proses penanyangan tur virtual cukup sederhana, yakni hanya menampilkan aktivitas keseharian penjaga satwa yang merawat hewan di sana.

Ketika melakukan penayangan dengan Harimau Sumatera bernama Hana dan Tino, petugas menunjukkan bagaimana interaksi mereka ketika memberi makanan, membersihkan kandang dan mengajak satwa liar tersebut bermain bola gantung.

4. Kualitas gambar dan jaringan internet menjadi kendala

Gelar Tur Virtual Lagi, Ragunan Siarkan Langsung Primata Siamang BesokIlustrasi Kebun Binatang (Dok.KLHK)

Selama penayangan langsung, petugas juga menjelaskan bagaimana habitat, makanan, keseharian, hingga identitas satwa yang ditampilkan. Bahkan, proses kelahirannya juga dikisahkan oleh petugas dalam tur virtual tersebut.

Penanyangan juga hanya menggunakan ponsel pintar, maka dari itu gambar yang direkam terbatas sesuai kapasitas kameranya. Walau pun memiliki teknologi kamera profesional, koneksi internet juga menjadi kendala.

"Karena untuk penayangan langsung menggunakan kamera membutuhkan jaringan internet fiberoptik, karena tidak tersedia di Ragunan, sehingga kita hanya menggunakan IPhone saja," ujar Ketut.

Baca Juga: Lihat Live Streaming Aktivitas Harimau Sumatera Ragunan, Yuk!

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya