Geram Kerumunan Tanah Abang, Warganet: Ingat Mayat COVID-19 di India!

Pasar Tanah Abang menjadi trending topic di Twitter

Jakarta, IDN Times - Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (2/5/2021) menjadi sorotan publik. Jelang Hari Raya Idul Fitri, meski angka kasus COVID-19 di DKI Jakarta masih tinggi, masyarakat seakan tak peduli dengan berkerumun di Pasar Tanah Abang. 

Fenomena ini menarik perhatian sejumlah kalangan, salah satunya adalah musisi Addie MS yang membahas kerumunan pengunjung Pasar Tanah Abang melalui akun Twitter pribadinya @addiems.

Suami dari penyanyi Memes ini mengunggah sebuah video yang menunjukkan kerumunan pengunjung Pasar Tanah Abang. Tak berjarak, para pengunjung berjalan berhimpitan dari sisi kiri dan kanan.

"Ini di Tanah Abang, Jakarta...Kita tidk belajar dr India, dimana hari ini mayat2 korban covid bergelimpangan krn berkerumunan di acara tahunan mrk dll," tulis Addie MS dalam cuitannya di linimasa Twitter, hari ini.

1. Cuitan tentang Tanah Abang jadi trending topic

Cuitan Addie lantas ramai ditanggapi oleh warganet. Sejak dipublikasikan pada pukul 17.54 WIB, tweet tersebut sudah di retweet oleh 1.283 dan disukai 4.071 pengguna twitter lainnya.

"Apakah kita juga tetap akan nekat mudik? Setiap usai libur panjang, covid selalu naik. Apakah kita mau ulangi lg?" tulis Addie.

Baca Juga: 7 Potret Kerumunan Masyarakat Padati Pasar Tanah Abang Hari Ini

2. Tak ingin tertular dengan konyol

Geram Kerumunan Tanah Abang, Warganet: Ingat Mayat COVID-19 di India!Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (kiri) meninjau situasi di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Seorang warganet dengan panjang membalas unggahan Addie, pemilik akun @MJJoyxx mengungkapkan bahwa dia kesal, bingung dan geram dengan orang-orang dengan model seperti pengunjung pasar Tanah Abang tersebut.

"Kt yg pngn sehat bs ketularan yg konyoldr tmn/tetangga/dll yg kita ktmui," ujar dia.

3. Warganet takut Indonesia seperti India

Geram Kerumunan Tanah Abang, Warganet: Ingat Mayat COVID-19 di India!Sejumlah warga berbelanja di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Seorang warganet lainnya juga mengunggah video kerumunan yang sama, pemilik akun Twitter @mas_rexxuiter mengungkapkan ketakutan bahwa Indonesia bisa jadi sama dengan India.

"Serem banget ini tanah abang! Tolong dikasih pengertian ortu dan keluarga ya yg kepengen belanja2, liat sikon area belanjanya," tulisnya.

Bahkan dia menyarankan agar belanja keperluan lebaran bisa dilakukan secara online.

4. Anies keluarkan sejumlah kebijakan imbas kepadatan Pasar Tanah Abang

Geram Kerumunan Tanah Abang, Warganet: Ingat Mayat COVID-19 di India!Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (kiri) meninjau situasi di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kerumunan di Pasar Tanah Abang sudah sampai ke telinga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia pada Minggu sore meninjau langsung keadaan pasar Tanah Abang. 

Akhirnya, usai berunding dengan sejumlah pihak, Anies mengeluarkan beberapa kebijakan guna menanggulangi kepadatan pasar tekstil ini, mulai dari penutupan bertahap pasar mulai pukul 14.00 WIB dan 15.00 WIB, peniadaan KRL dari Tanah Abang sejak pukul 15.00-19.00 WIB, serta pelarangan pedagang di trotoar.

Anies juga meminta Direktorat Lalu Lintas DKI Jakarta untuk menerapkan rekayasa lalu lintas dan menutup pintu pasar jika kapasitas sudah penuh.

"Di Jakarta ada banyak pasar. Kami menganjurkan untuk mendatangi berbagai pasar di Jakarta selain pasar tanah bang. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan barang tanpa berisiko kerumunan dengan mendatangi tempat yang lain," kata Anies.

Baca Juga: Tanah Abang Super Padat, Ini 5 Aturan yang Diterapkan Anies

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya