Hampir 3 Minggu, Kasus Kebakaran Kejagung Belum Temui Titik Terang

Sejumlah sampel masih dalam proses pemeriksaan polisi

Jakarta, IDN Times - Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, menjelaskan bahwa perkembangan kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) belum menemukan titik terang.

Argo menjelaskan, tim laboratorium forensik (labfor) Mabes Polri memang sudah melakukan pemeriksaan pada sejumlah sampel dari tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran, namun hasilnya belum keluar.

"Tentunya ini kita masih menunggu daripada hasil Laboratorium Forensik, kemudian juga nanti ada beberapa analisa dari pada penyidik dari keterangan saksi di sana. Kita masih menunggu daripada labfor hasilnya atau kesimpulannya seperti apa," kata dia saat ditemui awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

1. Arang bekas kebakaran juga diperiksa

Hampir 3 Minggu, Kasus Kebakaran Kejagung Belum Temui Titik TerangKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Salah satu sampel yang ditemukan, kata Argo adalah kabel, hingga arang sisa kebakaran. Sampel itu juga sudah dikirim ke labfor sebagai salah satu barang bukti.

"Ya tentunya ada ya, yang sudah dijadikan sampel ya, sampel tadi saya sebutkan," kata dia.

Hingga saat ini pihaknya juga belum menemukan adanya unsur kesengajaan atau tidak dalam kejadian kebakaran ini.

Baca Juga: Cek Detik-detik Kebakaran Kejagung, Polisi Amankan 24 CCTV

2. Saksi dari OB hingga pegawai Kejagung sudah diperiksa

Hampir 3 Minggu, Kasus Kebakaran Kejagung Belum Temui Titik TerangKeadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalap Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Selain mengambil sejumlah sampel, Argo menjelaskan bahwa hingga saat ini tim yang bertugas telah selesai melakukan olah TKP.

Tim juga sudah meminta keterangan dari 128 saksi, mulai dari saksi dari Cleaning Service (CS), Office Boy (OB), bahkan karyawan Kejaksaan atau Pegawai Kejaksaan.

3. Api baru bisa dipadamkan setelah 11 jam

Hampir 3 Minggu, Kasus Kebakaran Kejagung Belum Temui Titik TerangKeadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalap Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Seperti diberitakan sebelumnya oleh IDN Times, kebakaran melanda Gedung Kejaksaan Agung pada Sabtu, 22 Agustus 2020, sekitar pukul 19.00 WIB. Api berhasil dipadamkan setelah berkobar selama 11 jam. 

Gedung yang terbakar adalah lantai satu hingga enam, di mana di antaranya merupakan gedung Bagian Kepegawaian Kejaksaan Agung dan ruang kerja Jaksa Agung. Namun, Kejagung memastikan tidak ada berkas perkara yang terbakar.

Kebakaran disebut-sebut bermula dari lantai enam hingga merembet ke enam lantai. Gedung ini merupakan bangunan heritage atau cagar budaya yang dilindungi negara. Hingga kini belum diketahui penyebab dan estimasi kerugian akibat kebakaran ini.

Baca Juga: 105 Saksi Ditanyai soal Kebakaran di Kejagung 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya