Hardiknas 2021, Anies: Pendidikan Jadi Kunci Mengubah Nasib

Anies hendak mewujudkan pendidikan yang berkualitas di DKI

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang turut hadir mengungkapkan bahwa pendidikan adalah sesuatu yang penting bagi setiap manusia.

"Kita diingatkan tentang pentingnya pendidikan, pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa, inilah kunci satu-satunya untuk mengubah nasib pribadi maupun nasib kolektif bangsa," kata Anies dalam akun YouTube Radiodisdik DKI, Minggu (2/5/2021).

1. Punya tugas memastikan semua orang memiliki kesempatan yang sama meraih pendidikan

Hardiknas 2021, Anies: Pendidikan Jadi Kunci Mengubah NasibANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Anies mengungkapkan bahwa pendidikan menjadi kesempatan bagi semua orang untuk meraih kehidupan yang lebih baik dan bisa berkontribusi lebih besar. Dia yang berdiri hari ini, kata Anies adalah bukti nyata dari hasil pendidikan.

"Tugas kita sekarang adalah memastikan bahwa semua kita mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa terdidik, untuk bisa maju, untuk bisa bukan saja meraih cita-cita, mudah-mudahan melampaui cita-cita," ujar Anies.

Baca Juga: Hardiknas, Jokowi: Semoga Masa Sulit Segera Usai dan Bisa Tatap Muka

2. Pendidikan yang tuntas dan berkualitas di DKI Jakarta

Hardiknas 2021, Anies: Pendidikan Jadi Kunci Mengubah NasibIDN Times/Galih Persiana

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menerjemahkan tema Hardiknas 2021 yakni "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar" dengan pandangannya sendiri. Dia mengatakan merdeka belajar adalah mewujudkan pendidikan yang tuntas dan berkualitas di DKI Jakarta.

"Serentak bergerak, kita bergerak bersama-sama di Jakarta ini diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dengan berbagai macam pihak, berbagai pihak diajak bekerja sama untuk memajukan pendidikan kita di Jakarta," ujarnya.

3. Pendidikan yang setara untuk masa depan

Hardiknas 2021, Anies: Pendidikan Jadi Kunci Mengubah NasibIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Anies menyebutkan bahwa pihaknya ingin secara pasti membuat warga di Jakarta mendapat kesempatan pendidikan yang setara guna meraih masa depan yang lebih baik.

Melalui kebijakan yang disusun, Anies berharap agar akses yang setara bisa dirasakan semua pihak dan berharap efeknya akan jelas terlihat bukan dalam waktu dekat, tapi di masa depan.

"Efeknya tidak terlihat di bulan-bulan ke depan, efeknya baru bertahun-tahun ke depan. Inilah uniknya pendidikan," kata dia.

Baca Juga: Tanah Abang Super Padat, Ini 5 Aturan yang Diterapkan Anies

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya