Hari Anak Nasional 2022, Wapres: Ukir Prestasi Sebanyak-Banyaknya!  

Lindungi dan penuhi hak anak

Jakarta, IDN Times - Pada 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN), maka Sabtu (23/07/2022), anak-anak di seluruh pelosok Tanah Air merayakannya.

Pada momen peringatan HAN kali ini, Wakil Presiden (Wapres), K.H. Ma’ruf Amin, turut mengucapkan selamat dan berpesan agar anak Indonesia terus bersemangat dalam belajar untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi sebanyak-banyaknya.

“Kepada anak-anakku, anak-anak Indonesia di seluruh Tanah Air, teruslah giat belajar dan bersemangat untuk meraih cita-cita setinggi-tingginya. Ukir prestasi sebanyak-banyaknya, berkreasilah seluas-luasnya. Karena di tangan kalian, masa depan negara kita, Indonesia tercinta ditentukan,” pesan Wapres dalam tayangan video yang dirilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden, dilansir Sabtu.

1. Anak manfaatkan teknologi

Hari Anak Nasional 2022, Wapres: Ukir Prestasi Sebanyak-Banyaknya!  ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Agar dapat berkreasi dan meraih segala cita-cita, kata Ma'ruf, anak-anak Indonesia harus memanfaatkan jendela informasi yang kini terbuka lebar akibat perkembangan teknologi.

“Manfaatkan jendela informasi untuk menimba ilmu pengetahuan yang saat ini semakin terbuka luas seiring dengan kemajuan teknologi,” kata dia.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak Anak

Baca Juga: 23 Juli Hari Anak Nasional: Begini Sejarahnya

2. Anak hanya titipan Tuhan

Hari Anak Nasional 2022, Wapres: Ukir Prestasi Sebanyak-Banyaknya!  Wapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Menurut Ma'ruf, orangtua juga perlu mengingat bahwa anak adalah titipan Tuhan Yang Maha Esa sehingga harus dijaga dengan penuh tanggung jawab.

“Marilah kita bangun lingkungan yang aman, sehat dan kondusif bagi anak-anak kita untuk bertumbuh dalam kegembiraan sehingga menjadi pribadi yang cerdas, tangguh, toleran dan berakhlak mulia,” kata dia.

3. Lindungi dan penuhi hak anak

Hari Anak Nasional 2022, Wapres: Ukir Prestasi Sebanyak-Banyaknya!  Ilustrasi/Belajar bersama anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain itu, dia juga berpesan agar seluruh pihak terkait terus menjaga dan melindungi anak-anak Indonesia termasuk memenuhi hak-haknya.

Hari Anak Nasional adalah bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Mari kita jaga dan lindungi anak-anak Indonesia dari berbagai bahaya yang mengancam fisik maupun jiwanya, termasuk dari bahaya Covid-19 yang belum berakhir,” kata dia.

“Selamat Hari Anak Nasional. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan untuk mempersiapkan generasi emas penerus masa depan bangsa Indonesia,” kata Ma'ruf.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Potong Rambut KSAL Yudo Margono Saat Ibadah Haji

Baca Juga: Wapres Berkurban Sapi Simmental Seberat 1 Ton di Masjid Istiqlal

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya