Hasil Antigen Positif, Pengungsi Banjir Jakarta Dirujuk ke Wisma Atlet

Ada 150 petugas dinkes ditugaskan tangani swab

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebutkan pengungsi banjir Jakarta yang menjalani tes swab antigen dan mendapat hasil positif, akan dirujuk ke Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Pusat. 

"Kalau pun ada yang positif (hasil swab antigen), segera kita koordinasikan dengan Wisma Atlet tanpa menunggu hasil swab (PCR), dengan hasil rapid antigen positif sudah bisa dilakukan rujukan ke Wisma Atlet," kata Widyastuti, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Jakarta Banjir, Makam COVID-19 hingga Stasiun Tebet Terendam

1. Sudah ada pengungsi yang dirujuk

Hasil Antigen Positif, Pengungsi Banjir Jakarta Dirujuk ke Wisma AtletPersonel kepolisian dan TNI mengevakuasi warga yang terjebak banjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Widyastuti tidak secara detail menjelaskan berapa orang pengungsi banjir yang terkonfirmasi COVID-19 setelah dilakukan penelusuran dan siapa saja warga yang sudah dirujuk. Tapi menurut sepengetahuannya ada pengungsi yang telah dirujuk ke Wisma Atlet.

"Sudah ada yang dirujuk," ujarnya.

Namun dalam proses penangannya, Widyastuti mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta langsung berkoordinasi dengan pihak RSD Wisma Atlet.

2. Ada 150 petugas dinas kesehatan yang ditugaskan

Hasil Antigen Positif, Pengungsi Banjir Jakarta Dirujuk ke Wisma AtletKepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (IDN Times/Aryodamar)

Widyastuti menjelaskan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Unit Pelayanan Terpadu (UPD) terkait penanganan banjir di DKI Jakarta. Dia juga menjelaskan ada 150 petugas Dinas Kesehatan yang ditugaskan untuk menangani tes swab antigen bagi warga di lokasi pengungsian banjir.

"Kita lakukan statis jadi artinya stay di situ (pengungsian), tapi untuk pengungsian yang kurang, dari situ kita dinamis mobile layanan kesehatan," kata dia.

3. Keberadaan petugas dinas kesehatan sesuai kondisi pengungsian

Hasil Antigen Positif, Pengungsi Banjir Jakarta Dirujuk ke Wisma AtletAnggota TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta menarik perahu karet yang dinaiki warga saat melintasi genangan banjir di kawasan Bungur Besar Raya, Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Widyastuti juga menjelaskan petugas dari dinas kesehatan akan berada di lokasi pengungsian banjir, sesuai dengan kondisi tiap wilayah yang dinilai berbeda-beda keadaannya.

Dia menyebutkan ada beberapa titik pengungsian yang warganya langsung pulang ketika air sudah surut. "Ada beberapa titik pengungsian begitu surut langsung kembali ke tempat tinggal sehingga kosong. Jadi kita sesuaikan," ujarnya.

Baca Juga: Anies: Banjir di Rawa Buaya Sehari Kering, Biasanya 5 Hari

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya