Comscore Tracker

Hasil Rekonstruksi, 4 Laskar FPI Ditembak di Mobil Polisi

Empat laskar FPI ini disebut melawan saat di dalam mobil

Jakarta, IDN Times - Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan tewasnya empat dari enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) saat bentrok dengan polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Ahmad menyebut, empat orang itu sempat diamankan tiga orang petugas kepolisian dan dibawa dalam satu mobil.

"Posisinya di mobil itu ada tujuh orang, tiga petugas dan empat laskar pengawal. Kenapa dilakukan penindakan tegas dan terukur, karena yang bersangkutan ingin merebut senjata milik petugas. Tentunya ketika direbut suatu hal yg berpotensi membahayakan petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur," kata dia di Mabes Polri, Senin (14/12/2020).

1. Tiga orang duduk di belakang dan dua di depan

Hasil Rekonstruksi, 4 Laskar FPI Ditembak di Mobil PolisiKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Dia menjelaskan bahwa saat kejadian ada tiga orang yang duduk di kursi belakang dan dua orang di depan. Namun Ahmad tak menjelaskan secara rinci siapa yang duduk di belakang dan siapa yang di depan.

"Saya sampaikan tidak boleh beda dengan yang ada direkonstrusikan atau direka ulang tadi malam, posisinya dua di depan tiga belakang," ujar Ahmad.

Baca Juga: Bentrok dengan Laskar FPI, Polisi Rekonstruksi 53 Adegan 

2. Apakah rekonsturksi kasus ini tunggal atau ada versi lain?

Hasil Rekonstruksi, 4 Laskar FPI Ditembak di Mobil PolisiSejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Dalam kesempatan ini, dia juga tak mau banyak bicara soal kelanjutan rekonstruksi kasus ini, apakah hanya rekonstruksi tunggal atau ada kelanjutannya. Menurut dia, itu merupakan teknis dari penyidikan.

"Yang jelas kewenangan apakah rekonstruksi ini tunggal atau tidak, itu yg bisa menjawab adalah penyidik," kata dia.

3. Rekonstruksi dilakukan setelah ada keterangan dari 28 saksi

Hasil Rekonstruksi, 4 Laskar FPI Ditembak di Mobil PolisiKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Bareskrim Polri sebelumnya telah menggelar rekonstruksi kasus bentrok antara anggota kepolisian Polda Metro Jaya yang menewaskan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI). Rekontruksi ini dilakukan di beberapa titik di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (14/12/2020) sejak pukul 00.35 hingga 04.30 WIB.

Ahmad mengatakan bahwa rekonstruksi ini dilakukan berdasarkan petunjuk dan keterangan yang didapatkan penyidik.

"Semalam itu sudah disampaikan, ini dari 28 saksi. Di sana ada saksi dari masyarakat, polisi, jadi ada 28 yg beri keterangan," kata dia.

Dalam rekonstruksi ini dua anggota laskar FPI diketahui tewas saat baku tembak di jalan Interchange Karawang Barat, empat melarikan diri, dan empat lainnya tewas saat digiring dari rest area kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek, polisi terpaksa menembak anggota laskar FPI hingga tewas saat berada satu kilometer dari rest area.

Baca Juga: Polisi Gelar Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI di 4 Titik 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya