Comscore Tracker

Heboh Dokter Kevin di TikTok, Ini Konten Viral Kedokteran Lainnya

Ada yang sampai dijatuhi sanksi karena langgar kode etik

Jakarta, IDN Times - Media sosial TikTok kini tengah populer di tengah masyarakat dunia. Jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok ini pertama kali diluncurkan pada 2016 ini kerap dimanfaatkan untuk berbagai video hiburan. 

Tak ayal banyak kalangan yang memanfaatkannya baik untuk hiburan, edukasi, bisnis hingga promosi. Platform ini juga digunakan oleh kalangan kesehatan, mulai dari perawat hingga dokter, dari muda hingga tua.

Dampak negatif dan positif juga turut menghiasi perjalanan TikTok selama 4 tahun ini. Tak sedikit kontroversi muncul dari konten-konten yang dihasilkan.

Baru-baru ini seorang dokter kandungan menjadi pusat perhatian pengguna TikTok Indonesia karena membuat konten yang diduga melecehkan pasien perempuan, ini bukan kali pertama dokter dan tenaga kesehatan membuat heboh dunia maya.

Berikut adalah sejumlah kontroversi yang dibuat oleh para dokter dan tenaga kesehatan di TikTok.

1. Konten Dokter kandungan Kevin Samuel yang disebut warganet melecehkan perempuan

Heboh Dokter Kevin di TikTok, Ini Konten Viral Kedokteran Lainnyadokter Kevin Samuel Marpaung buat konten pembukaan persalinan (TikTok/Kevin Samuel Marpaung)

Sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @dr.kepinsamuelmpg. Bukan konten edukasi yang dibagikan, dokter kandungan ini mengunggah konten yang dianggap melecehkan perempuan.

Dr Kevin Samuel Marpaung membagikan video berdurasi 15 detik yang menggambarkan dirinya saat mengenakan jas putih dokter. Dalam video itu dia membuat konten seakan-akan tengah menangani pasien. Lalu di mana letak pelecehan di konten yang dibuat Kevin? 

Dia menuliskan sebuah percakapan dengan bidan "Dok tolong cek pasien Ny. A sudah pembukaan berapa". Kemudian lengkap dengan sarung tangannya, Kevin menunjukkan ekspresi mengeritkan muka kemudian menggigit bibir bagian bawahnya. Dia lalu mengangkat dua jari seolah tengah memeriksa pembukaan persalinan atau vaginal touche sembari memutar mata ke atas dan diberi keterangan video "awkwardmoment" 

Dia kemudian meminta maaf pada Sabtu (18/4/2021) usai videonya viral di jagat maya. Lewat akun TikToknya, dia meminta maaf, walau kini akunnya sedang tak bisa diakses dan menghilang dari TikTok.

"Kepada seluruh masyarakat, teman-teman netizen, dan khususnya kaum wanita, saya dokter Kevin ingin meminta maaf sebesar-besarnya atas video konten saya mengenai pembukaan," kata dia.

Namun tindakannya banyak dikecam dan baru-baru ini Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Pusat Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) Pukovisa mengatakan bahwa pihaknya akan segera memanggil dokter Kevin. [anduan etika bermedia sosial bagi dokter juga rencananya akan dibuat.

"Ya kami proses dulu ya. Belum (Dimintai keterangan). Baru dijadwalkan," kata Pukovisa kepada IDN Times, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Heboh Video TikTok, Majelis Kehormatan Etik Bakal Periksa Dokter Kevin

2. Dokter kecantikan Reza Gladys yang kerap berpenampilan mewah

Heboh Dokter Kevin di TikTok, Ini Konten Viral Kedokteran Lainnyainstagram.com/rezagladys

Konten-konten dokter di TikTok yang sempat jadi perhatian adalah sosok dokter kecantikan Reza Gladys yang memiliki gaya berpakaian mewah.

Banyak warganet yang kerap mengomentari gaya berpakaian perempuan berhijab ini namun tak sedikit yang menyukai konten fashion yang dia tampilkan di TikToknya.

Dokter kecantikan sekaligus selebgram hits asal Cianjur ini juga sempat ramai jadi perbincangan warganet. Hal ini dikarenakan video TikTok dirinya yang memakai manset warna kulit hingga dihujat sebab dianggap kurang pantas berpakaian bagi seorang muslimah.

Walau banyak komentar negatif yang menyerang dirinya, tapi saudara ipar pedangdut Siti Badriah ini tetap menampilkan konten fashion yang berbeda-beda.

Reza Gladys diketahui punya selera fashion high class. Suaminya, Attaubah Mufid, juga berprofesi sebagai dokter dan punya selera fashion yang sama. Reza juga memang gemar mengoleksi barang-barang branded sampai punya walk in closet khusus.

3. Perseteruan Dr Richard Lee dengan Kartika Putri

https://www.youtube.com/embed/Wf9K2hJJNoA

Konten edukasi make up abal-abal juga kerap dibagikan akun TikTok Dr. Richard Lee, MARS. Nama Dokter Richard Lee  kerap diperbincangkan di kalangan masyarakat Indonesia terutama kaum wanita karena konten-kontennya yang membongkar kandungan produk skin care.  

Dia sering mengedukasi dan memberikan informasi kepada penontonnya dengan memberikan review merek-merek skin care dan menyampaikan bahwa beberapa di antaranya memiliki kandungan zat kimia berbahaya. 

Namanya juga sempat menjadi perhatian sejak berseteru dengan artis Kartika Putri usai mengulik dan memaparkan hasil uji laboratorium salah satu produk skin care yang brand ambassador-nya adalah Kartika Putri. Usai diuji lab ternyata skin care dengan merek Helwa dinilai tidak aman.

Richard mengatakan Helwa memiliki kandungan hidroquinon hingga 5,7 persen. Padahal batas aman hidroquinon yang disarankan berkisar 2-5 persen dan harus di bawah pengawasan dokter.

Berjarak dua bulan sejak video Richard diunggah ke YouTube, Kartika Putri membuat video untuk membuktikan kalau produk Helwa tidak seperti yang diungkapkan Richard. Pada 2 Desember 2020, Kartika Putri bersama dengan pemilik Helwa, Nabella Tamim, membuat video untuk menyanggah pernyataan Richard.

Kasus ini menjadi pelik dan dibawa ke ranah hukum. Kartika melayangkan gugatan kepada Richard ke Polda Metro Jaya atas tuduhan pencemaran nama baik. Laporan tersebut dilakukan oleh kuasa hukum Kartika, Aditya Dwi Putra pada 16 Desember 2020. Atas laporan ini, Richard baru menjalani pemeriksaan pertamanya pada 4 Februari 2021.

4. Dokter bedah menari bersama kulit dan lemak pasiennya

Heboh Dokter Kevin di TikTok, Ini Konten Viral Kedokteran LainnyaIlustrasi TikTok. IDN Times/Arief Rahmat

Bukan hanya di dalam negeri, dokter ahli bedah asal São Paulo, Brasil yakni Caren Trisoglio Garcia diskors lantaran membuat konten di Tiktok. Bukan soal edukasi kedokteran, dia membuat konten menari sambil memegang daging dan kulit pasiennya.

Daging manusia itu diduga berasal dari dari pasiennya di Ribeirão Preto, dia menyebut daging dan lemak pasiennta sebagai "trofi hari ini" sembari mengangkatnya dan menari dengan lagu bernada cepat.

Media G1 menjelaskan bahwa dia melanggar kode etik kedokteran dan mulai ditangguhkan sejak Kamis (8/4/2021). Gracia yang memiliki 615.000 pengikut di TikTok ini bisa melakukan praktik karena ulahnya dan diskors selama setengah tahun usai mendapat aduan dari Brazilian Society of Plastic Surgery (SBCP). 

SBCP juga sudah mengelarkan Gracia dari daftar ahli bedah plastik resmi dan tak dapat melakukan operasi usai penangguhan dari dewan medis regional São Paulo dilakukan. Gracia juga diketahui tidak buka suara soal penangguhannya.

Baca Juga: Fakta-fakta Video Viral Dokter Kevin yang Lecehkan Perempuan

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya