Heboh Vaksin Booster di Media Sosial, Wagub DKI Tegur Influencer

Riza akan cek kebenaran influencer disuntik vaksin booster

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta buka suara terkait adanya isu influencer yang viral di media sosial. Narasi yang tersebar menyebutkan bahwa influencer tersebut menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster dengan latar belakang foto di gedung DPRD DKI Jakarta.

Lewat akun instagram pribadinya @Arizapatria, Riza meminta agar para influencer bisa menjaga perasaan para tenaga kesehatan baik dokter hingga perawat di tengah wabah pandemik COVID-19 ini lewat aktivitas media sosial maupun di kehidupan sehari-hari.

"Kami mohon kepada para influencer agar tidak melakukan aktivitas offline maupun online yang mengganggu perasaan para tenaga kesehatan kita," dia ujarnya Jumat (30/7/2021).

1. Riza mengatakan isu ini akan dicek kebenarannya

Heboh Vaksin Booster di Media Sosial, Wagub DKI Tegur InfluencerWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patrai meninjau pendistribusian BST Kemensos, Glodok, Jakarta Barat (instagram.com/arizapatria)

Politikus Gerindra ini juga mengatakan bahwa pihak Pemprov DKI Jakarta akan mengusut isu influencer yang menerima vaksinasi dosis ketiga.

"Kami akan cek kebenaran bahwa ada influencer yang dapat vaksin ketiga perlu diketahui karena vaksin ketiga hanya dapat diprioritaskan kepada tenaga kesehatan, sekali lagi mari kita sukseskan program vaksinasi nasional," kata dia.

Baca Juga: Heboh Influencer Ngaku Vaksin Dosis 3,  DPRD: Tidak Ada Vaksin Booster

2. DPRD DKI sebut isu ini adalah hoaks

Heboh Vaksin Booster di Media Sosial, Wagub DKI Tegur InfluencerVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta Agustinus juga mengaaman bahwa pihaknya sudah memeriksa kelanjutan kasus influencer yang tersebut.

Kasus ini sudah dilaporkan ke pimpinan DPRD DKI Jakarta, dalam hal ini adalah Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. Ia menegaskan isu influencer mendapat vaksin dosis ketiga adalah hoaks. Meski begitu, pihak DPRD DKI Jakarta belum berencana melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.

"Tapi ya ini berita hoaks, pak ketua juga tidak mau menanggapi terlalu serius atau membawanya ke ranah hukum," ujarnya di DPRD DKI Jakarta, Kamis (29/7/2021).

3. Benar foto diambil di gedung DPRD DKI Jakarta

Heboh Vaksin Booster di Media Sosial, Wagub DKI Tegur InfluencerDPRD DKI Jakarta (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Agustinus membenarkan bahwa memang foto tersebut diambil di gedung DPRD DKI Jakarta, tetapi yang dipertanyakan kata dia adalah terkait statement sang influencer yang menyatakan menerima vaksin booster atau dosis ketiga itu.

"Kalau gedung, iya itu gedung DPRD DKI confirm, kita yakini itu gedung DPRD DKI tapi yang menyatakan statement, menyatakan ada booster vaksin ketiga inilah, saya juga harus lapor ke pimpinan, kita berjenjang, harus seperti apa untuk mengklarifikasi ini jangan simpang siur, menjadi salah jadi membikin masyarakat cemas," ujarnya.

Baca Juga: Viral Influencer Ngaku Dapat Vaksin Dosis ke-3, Apa Kata Kemenkes?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya