Comscore Tracker

Heboh Video TikTok, Majelis Kehormatan Etik Bakal Periksa Dokter Kevin

Dr Kevin dianggap melecehkan perempuan dan melanggar etik

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Pusat Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) Pukovisa mengatakan bahwa pihaknya akan segera memanggil dokter kandungan, Kevin Samuel Marpaung, pembuat konten TikTok yang diangap melecehkan perempuan. Terkait pemberian sanksi, dia mengatakan bahwa kasus akan diproses oleh MKEK IDI lebih dulu.

"Ya kami proses dulu ya. Belum (Dimintai keterangan). Baru dijadwalkan," kata Pukovisa kepada IDN Times, Minggu (18/4/2021).

1. MKEK IDI tengah susun panduan bermedia sosial bagi dokter

Heboh Video TikTok, Majelis Kehormatan Etik Bakal Periksa Dokter KevinIDN Times/Izza Namira

Pukovisa menjelaskan bahwa nantinya MKEK juga bakal membuat panduan etika bermedia sosial bagi dokter, namun dia tidak secara detail menjelaskan seperti apa isi dari panduan itu nanti.

"Ya benar (akan buat panduan). Kami akan merilis dalam waktu dekat," kata dia.

Baca Juga: Video Viralnya Dinilai Melecehkan Perempuan, Dokter Kevin Minta Maaf

2. Membuat konten seolah sedang tangani pembukaan persalinan

Heboh Video TikTok, Majelis Kehormatan Etik Bakal Periksa Dokter Kevindokter Kevin Samuel Marpaung buat konten pembukaan persalinan (TikTok/Kevin Samuel Marpaung)

Sebelumnya, jagat maya diramaikan dengan sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @dr.kepinsamuelmpg.

Bukan konten edukasi yang dibagikan, dokter kandungan ini mengunggah konten yang diangap melecehkan perempuan.

Dr Kevin Samuel Marpaung membagikan video berdurasi 15 detik yang menggambarkan dirinya saat mengenakan jas putih dokter. Dalam video itu dia membuat konten seakan-akan tengah menangani pasien namun disertai dengan mimik wajah yang dianggap warganet mesum.

 

3. KOMPAKS minta keanggotaan IDI Kevin dicabut

Heboh Video TikTok, Majelis Kehormatan Etik Bakal Periksa Dokter KevinIlustrasi konsultasi dokter (IDN Times/Mardya Shakti)

Kevin kemudian membuat video permintaan maaf pada Sabtu (18/4/2021) usai videonya viral di jagat maya. Lewat akun TikToknya, dia meminta maaf, walau kini akunnya sedang tak bisa diakses dan menghilang dari TikTok.

"Kepada seluruh masyarakat, teman-teman netizen, dan khususnya kaum wanita, saya dokter Kevin ingin meminta maaf sebesar-besarnya atas video konten saya mengenai pembukaan," kata dia.

Dokter Tanpa Stigma dan Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual (KOMPAKS) mengecam tindakan dr Kevin Samuel Marpaung dan meminta keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Surat Izin Praktek (SIP) dokter Kevin untuk dicabut.

"Kami juga menuntut MKEK IDI untuk segera mengusut permasalahan ini dan memberi sanksi tegas kepada dokter yang bersangkutan yaitu mencabut SIP dan keanggotaan IDI dokter yang bersangkutan," tulis KOMPAKS dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Viral! Konten Video Dokter yang Dianggap Lecehkan Pasien Ibu Hamil

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya