Imlek 2571 Disambut Hujan, Gubernur Anies Sebut Itu Penanda Suci

Anies berkunjung ke sejumlah vihara pada Jumat malam hari

Jakarta, IDN Times - Jelang tahun baru Imlek 2571, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Jumat (24/1) malam menyambangi sejumlah vihara di Jakarta. Kegiatan ini dilakukan Anies hingga Sabtu dini hari (25/1). 

Ia terlihat mengunjungi Vihara Dharma Bakti dan Vihara Dharma Jaya, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Pada Jumat pagi, wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sempat diguyur hujan deras sehingga menimbulkan banjir. 

Lalu, bagaimana Anies memaknai hujan yang turun jelang perayaan Imlek itu?

1. Anies menyebut hujan di hari Imlek adalah penanda suci

Imlek 2571 Disambut Hujan, Gubernur Anies Sebut Itu Penanda Suci(Gubernur Anies Baswedan ikut merayakan Imlek) Dokumentasi Humas Balai Kota

Anies mengatakan, walau Tahun Baru Imlek kali ini disambut dengan rintik hujan, ia mengisyaratkan bahwa hal itu sebagai penanda mencuci masa lalu, membersihkan kekurangan dan membawa kebaikan untuk satu tahun ke depan.

Baca Juga: Gak Melulu Harus Dress, Referensi Baju Imlek Selebritis Indonesia

2. Makna tikus logam di tahun baru Imlek 2751

Imlek 2571 Disambut Hujan, Gubernur Anies Sebut Itu Penanda Suci(Gubernur Anies Baswedan ikut merayakan Imlek) Dokumentasi Humas Balai Kota

Dalam perayaan Imlek 2751 itu, Anies juga menyampaikan pesan persaturan dan harapan sukacita di sepanjang tahun ini. 

"12 menit yang lalu, kita masuk Tahun Baru Imlek 2571. Ini adalah tahun tikus logam dan membawa makna bahwa ini tahun di mana ada kemakmuran, kerja keras yang memberikan manfaat kesejahteraan," kata Anies ketika berada Vihara Dharma Bhakti. 

Ia menghabiskan waktu di sana untuk menikmati momen pergantian tahun baru China. 

3. Anies Berjanji akan memberi kesempatan yang sama bagi semua umat untuk ekspresikan seni budaya

Imlek 2571 Disambut Hujan, Gubernur Anies Sebut Itu Penanda SuciGubernur Anies Baswedan bersama Kadishub Syafrin Liputo, Dirut TransJakarta Agung Wicaksono, dan Dirut MRT William Sabandar saat groundbreaking Halte CSW, Rabu (22/1). (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi atas kontribusi vihara di Jakarta yang turut menjaga tali silaturahmi dalam memfasilitasi seluruh masyarakat di lingkungan viharanya masing-masing.

Dia juga berjanji akan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat DKI Jakarta untuk mengekspresikan seni-kebudayaan secara terbuka.

"Kita berharap tradisi kebiasaan, perayaan yang ada bisa tumbuh berkembang, dan harapannya membawa semangat persatuan di Ibu Kota kita," kata dia.

4. Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan imlek di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman

Imlek 2571 Disambut Hujan, Gubernur Anies Sebut Itu Penanda Suci(Peta pagelaran Imlek di sepanjang Thamrin-Sudirman) www.instagram.com/@dkijakarta

Janji Anies itu terealisasi dalam pagelaran Imlek yang dilakukan di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman dimulai pada 23 - 26 Januari 2020. Puncak dari pagelaran Imlek dilakukan pada Minggu malam (26/1) dengan penayangan Wayang Potehi. 

Bagi kalian yang ingin menikmati suasana tahun baru imlek di Jakarta, catat ya tanggal-tanggal tersebut. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Perayaan Imlek, Semuanya Enak!

Topik:

Berita Terkini Lainnya