Ingatkan Kepedulian, Begini Makna Idul Fitri 2021 Menurut Megawati

Kebahagiaan, kata Mega, masih bisa diciptakan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Keduanya berharap agar momentum Idul Fitri kali ini bisa memperkuat rasa kepedulian.

"Jadikanlah Hari Raya Idul Fitri untuk semakin menguatkan rasa kepedulian kita. Temuilah masyarakat, turunlah ke bawah, berbagilah kebahagiaan, bantulah yang memerlukan pertolongan," kata Megawati dalam keterangannya, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: 5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul Fitri

1. Berharap masyarakat yakin bahwa kebahagiaan masih bisa diciptakan

Ingatkan Kepedulian, Begini Makna Idul Fitri 2021 Menurut MegawatiKetua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desembet 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mega mengatakan pada Lebaran tahun ini, masih ada pembatasan-pembatasan akibat pandemik COVID-19, sehingga masyarakat belum bisa berkumpul bersama keluarga besar. Namun, ia berharap semuanya tetap yakin kebahagiaan masih bisa diciptakan pada hari yang fitri itu. 

"Dan kita harus tetap bersyukur atas semua nikmat dan karunia dari Allah SWT. Maka tidak ada alasan untuk kita menyerah, jangan larut dalam kesedihan panjang, karena kita adalah bangsa yang kuat, bangsa yang berani membanting tulang bersama untuk mewujudkan tujuan bersama," kata dia.

2. Megawati kutip pernyataan Sukarno

Ingatkan Kepedulian, Begini Makna Idul Fitri 2021 Menurut MegawatiANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Megawati juga mengutip pernyataan Bung Karno. "Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada manusia, dan Tuhan bersemayam di gubuknya orang miskin," pungkasnya.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Semoga Allah SWT menerima amalan kita semua. Mohon maaf lahir dan batin," kata dia.

3. Hasto ajak rakyat jadikan momen Lebaran untuk bangun persaudaraan

Ingatkan Kepedulian, Begini Makna Idul Fitri 2021 Menurut MegawatiSekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, Hasto Kristiyanto mengajak seluruh rakyat Indonesia menjadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk membangun persaudaraan nasional, memperkuat persahabatan sejati seluruh anak bangsa.

Selain itu, dia berharap momen ini dapat memperkuat semangat Hubbul Wathan Minal Iman, dengan bersama-sama menjadikan Idul Fitri ini sebagai ungkapan spiritualitas yang tertinggi dari seluruh masyarakat Indonesia.

"Maka kita perkuat seluruh tradisi Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin, dan marilah bersama PDI Perjuangan kita wujudkan Islam Nusantara yang berkemajuan, untuk Indonesia Raya melalui penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, kedepankan riset dan inovasi," kata dia.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Mari Bersabar dan Menahan Diri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya