Comscore Tracker

Ini Alasan Anies Gunakan Syal Palestina-Indonesia di Hari Lebaran

Beda dengan Palestina, Lebaran di Indonesia damai

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal syal atau sorban berlogo bendera Palestina dan Indonesia yang dikenakannya pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Simpati Anies digambarkan dengan contoh bahwa Indonesia juga pernah berjuang meraih kemerdekaan layaknya Palestina. Menurutnya, selama kemerdekaan belum diserahkan pada bangsa Palestina, maka perjuangan Indonesia untuk menentang penjajahan di tanah Palestina harus dilakukan.

"Kita ikhitar untuk itu kita doakan semoga segera terjadi suasana aman dan damai terutama untuk anak-anak di sana, betapa traumatiknya anak-anak di sana," ujarnya di rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021).

 

1. Harus bersyukur, Lebaran di Indonesia dalam keadaan damai

Ini Alasan Anies Gunakan Syal Palestina-Indonesia di Hari LebaranGubernur DKI Anies Baswedan dan keluarga memakai syal Pelastina-Indonesia saat Idul Fitri (Dok. Instagram/@Aniesbaswedan)

Anies mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat Indonesia seharusnya bisa bersyukur karena dapat merayakan Idul Fitri dalam situasi aman, damai dan tenang serta merdeka. Hal ini berbanding terbalik dengan masyarakat yang ada di Palestina yang justru tengah dilanda konflik.

"Justru di tanah Palestina bercecer darah dan ibu-ibu di Palestina memakamkan anak-anak yang dilahirkannya, sebuah ujian yang tidak kecil," kata dia.

Baca Juga: Potret Anies Baswedan, Lebaran Mengenakan Syal Palestina-Indonesia

2. Anies punya banyak syal serupa

Ini Alasan Anies Gunakan Syal Palestina-Indonesia di Hari LebaranGubernur DKI Anies Baswedan memakai syal Pelastina-Indonesia saat melaksanakan shalat Idul Fitri (Dok. Instagram/@Aniesbaswedan)

Anies juga mengungkapkan bahwa syal yang dia kenakan saat lebaran kali ini bukan satu-satunya yang dia miliki. Dia mengaku memiliki banyak syal, serta salah satunya memiliki motif bendera Palestina dan Israel.

"Sudah lama ini (memiliki sorban tersebut), saya punya banyak, dan ini sorbannya adalah Indonesia dan Palestina makanya yang satu motif batik, satu lagi motif keffiyeh," kata Anies.

3. Anies kenakan syal yang serupa dengan tiga putranya

Ini Alasan Anies Gunakan Syal Palestina-Indonesia di Hari LebaranGubernur DKI Anies Baswedan memakai syal Pelastina-Indonesia saat Idul Fitri (Dok. Instagram/@Aniesbaswedan)

Sebelumnya, dalam momen salat Id, terlihat Anies dan putranya mengenakan syal berlogo bendera Palestina dan Indonesia.  
Anies melalui akun Instagram pribadinya, @Aniesbaswedan, menarik perhatian warganet karena mengunggah momen Lebaran bersama keluarga dengan mengenakan syal tersebut.

"Di halaman rumah kami sekeluarga salat Idul Fitri. Sebuah hari kemenangan, sebuah hari kita saling bermaafan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin," kata Anies dalam unggahannya tersebut.

Tak sendiri, putra Anies yakni Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan juga kompak mengenakan syal yang sama. Keluarga ini juga mengenakan baju Lebaran dengan warna senada.

Baca Juga: Anies: Nekat Mudik, Bisa Terpisah Selamanya dengan Keluarga

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya