Comscore Tracker

Ini Respons Kemenkes soal Perusakan RSUD Kaimana di Papua Barat

Warga marah diduga akibat kematian usai vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa perusakan di RSUD Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, oleh warga tengah ditangani pihak berwajib. Kabar perusakan RSUD Kaimana sebelumnya tersiar sebuah video yang merekam massa mendatangi dan melakukan perusakan di RSUD dan disinyalir terjadi akibat adanya kematian warga pasca-vaksinasi COVID-19.

IDN Times mengonfirmasi apakah benar ada seseorang yang meninggal karena vaksinasi COVID-19 kepada Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. Namun, Nadia hanya menjawab terkait penanganan masalah perusakan RSUD.

"Ini sedang diselesaikan oleh pihak yang berwenang di sana ya," kata dia saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (7/12/2021).

1. Minta warga lakukan komunikasi, bukan dengan kekerasan

Ini Respons Kemenkes soal Perusakan RSUD Kaimana di Papua Baratdr. Siti Nadia Tarmizi M. Epid, Jubir Kemenkes untuk Vaksinasi (Youtube.com/KemkominfoTV)

Siti mengimbau agar masyarakat bisa menahan diri saat situasi pandemik COVID-19. Menurutnya penyampaian masalah kesehatan bisa dilakukan dengan jalur komunikasi dengan pihak terkait.

"Sebaiknya kita semua menahan diri di situasi pandemik ini demi kebaikan bersama. hal-hal yang perlu dikomunikasikan agar dibuka jalur komunikasi dengan pihak pihak terkait," kata dia.

Baca Juga: RSUD Kaimana Digeruduk Warga, Diduga Akibat Kematian Usai Vaksinasi

2. RSUD Kaimana digeruduk warga

Ini Respons Kemenkes soal Perusakan RSUD Kaimana di Papua BaratRSUD Kaimana, Papua, didatangi polisi usai digeruduk warga (Tangkapan layar video/Dok. Istimewa)

Beredar sebuah video yang merekam massa mendatangi dan melakukan perusakan di RSUD Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pada Selasa (7/12/2021) siang. Hal itu disinyalir terjadi akibat adanya kematian warga pasca-vaksinasi COVID-19. Salah seorang warga yang berada di dekat lokasi kejadian membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Iya (benar). Saya pas lewat RSUD tadi," kata warga yang tak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi IDN Times.

3. Warga tuding kematian terjadi akibat vaksinasi

Ini Respons Kemenkes soal Perusakan RSUD Kaimana di Papua Baratilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Menurut warga, ini merupakan kematian pertama pascavaksinasi di Kaimana, Papua Barat.

"Kematian karena vaksin itu betul adanya. Dan ini kematian pertama pasca vaksin," ungkapnya.

Namun dia menyayangkan reaksi masyarakat setempat yang merusak fasilitas kesehatan di RSUD Kaimana tersebut. Karena hal ini juga merugikan warga setempat lantaran rumah sakit menjadi tak beroperasi normal. Dalam video yang beredar di media sosial, massa menghancurkan kaca rumah sakit dan fasilitas-fasilitas di dalamnya hingga kondisi porak-poranda.

"Yang kami sesalkan dari masyarakat, kenapa respons dirut RSUD harus menutup rumah sakit, jika rumah sakit ditutup kasihan kami masyarakat," ungkap dia.

IDN Times sudah mencoba mengonfirmasi isu ini pada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing dan Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes. Pol. Adam Erwindi namun belum mendapat respons.

Baca Juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Saat Nataru, Sudah Vaksinasi Lengkap

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya