Comscore Tracker

Istiqlal Usai Renovasi, Ada Terowongan ke Katedral dan Alat Fitness

Total biaya renovasi Masjid Istiqlal setengah triliun

Jakara, IDN Times - Setelah memakan waktu pengerjaan selama 14 bulan, renovasi Masjid Istiqlal akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Total biaya renovasi masjid yang menjadi ikon Indonesia itu sebesar Rp511 miliar.

"Renovasi masjid istiqal ini merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu seperti tadi juga sudah disampaikan bapak imam besar dan menelan biaya sebesar Rp511 miliar dari APBN," kata Jokowi di kompleks Masjid Istiqlal seperti dilansir ANTARA, Jumat (8/1/2021).

Sejumlah fasilitas juga disediakan pemerintah untuk masjid yang didirikan pada 1978 ini. Apa saja fasilitas terbaru dari masjid Istiqlal? berikut rangkumannya.

Baca Juga: Tampil Lebih Indah, Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya Rp511 Miliar 

1. Ada terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral

Istiqlal Usai Renovasi, Ada Terowongan ke Katedral dan Alat FitnessIDN Times/Reza Iqbal

Dalam momen peresmian hasil renovasi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, renovasi melibatkan 1.000 pekerja.

Dalam renovasi ini, sebuah terowongan bawah tanah yang menghubungkan Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta juga dibangun.

2. Lantai masjid lebih berkilau dengan tata cahaya yang modern

Istiqlal Usai Renovasi, Ada Terowongan ke Katedral dan Alat FitnessMasjid Istiqlal saat disemprot disinfektan pada Rabu (3/6) (Dok. Humas Damkar DKI Jakarta)

Jokowi juga mengungkapkan bahwa kini pencahayaan kompleks masjid semakin tertata baik dan modern. Sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi.

"Saya melihat Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi, lantainya juga saya lihat sudah tiga kali, lebih berkliau," kata Presiden Jokowi.

3. Satu-satunya masjid yang dilengkapi fasilitas fitness

Istiqlal Usai Renovasi, Ada Terowongan ke Katedral dan Alat Fitness(Anggota (member) pusat kebugaran berolahraga angkat beban di Jakarta, Kamis (27/8/2020). Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta hingga saat ini belum mengizinkan pusat kebugaran (gym/fitness center) dibuka untuk umum pada saat pelaksanaan PSBB transisi) ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Masjid Istiqlal kali ini juga mendapat bantuan alat fitness dari TNI AD yang diserahkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Penyerahan bantuan alat fitness tersebut didahului dengan penandatangan Berita Acara dan sekaligus peresmian “Istiqlal Gym Center”.

Dikutip dari situs resmi Masjid Istiqlal, Istiqlal Gym Center menerima tujuh jenis alat olahraga atau kebugaran, mulai dari treadmill, impulse shoulder press, impulse pulldown, impulse multi adjustable, spinning bike insight, insight dual adjustable pulley, bench, multi bench (mini hammer ), dan meja tenis.

"Peralatan TNI AD berupa alat fitness serta perlengkapan pendukungnya diperuntukkan bagi pimpinan, karyawan serta masyarakat umum, dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat agar terjaga kondisi fisik yang prima,” ujar Nasaruddin Umar .

"Masjid Istiqlal menjadi satu-satunya masjid yang dilengkapi fasilitas fitness," lanjutnya.

Baca Juga: Sebelum Raja Salman, Tokoh-tokoh Dunia Ini juga Kunjungi Istiqlal

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya