Comscore Tracker

Jakarta Banjir, Petugas Damkar Terpaksa Evakuasi Warga di Malam Hari

Sebanyak 20 RW di 10 kelurahan tergenang pada Rabu (29/4)

Jakarta, IDN Times - Di tengah pandemik virus corona, Jakarta kembali menghadapi musibah banjir. Hujan deras yang mengguyur ibu kota sejak Rabu (29/4) siang mengakibatkan sedikitnya 20 RW di 10 kelurahan tergenang banjir.

Hingga malam hari, evakuasi warga masih dilakukan. Pemadam Kebakaran (damkar) Pancoran, Jakarta Selatan melakukan sejumlah evakuasi berdasarkan laporan warga yang terjebak di dalam rumah yang terendam banjir.

Melalui akun Instagram @damkar.pancoran terlihat sejumlah potret momen evakuasi warga yang berlangsung pada malam hari.

1. Evakuasi berlangsung malam hari

Jakarta Banjir, Petugas Damkar Terpaksa Evakuasi Warga di Malam HariEvakuasi Banjir di Jakarta (Instagram/@damkar.pancoran)

Melalui unggahan foto di akun media sosial Damkar Pancoran, petugas terpantau melakukan evakuasi penyelamatan warga yang terjebak di rumah akibat banjir pada Jalan Kemang Utara IX RT 001,003,005/RW 005 Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran.

Evakuasi berlangsung selama menit. Petugas tiba pukul 19.45 WIB dan selesai melakukan evakuasi pada pukul 21.25 WIB.

Sebanyak empat warga berhasil dievakuasi pada malam hari, mereka terdiri dari tiga wanita dan satu pria.

Baca Juga: Jakarta Banjir di Tengah Pandemik, BNPB Tetap Meninjau ke Lapangan

2. Evakuasi warga yang terdiri dari anak-anak

Jakarta Banjir, Petugas Damkar Terpaksa Evakuasi Warga di Malam HariEvakuasi Banjir di Jakarta (Instagram/@damkar.pancoran)

Sebelumnya, pada sore hari Damkar Pancoran juga sudah melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir di Jalan. H. Samali Ujung RT 08 RW 09, Komplek Pejaten Indah, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Informasi mengenai evakuasi ini diterima sekitar pukul 16.08 WIB. Barulah pukul 18.15 WIB proses evakuasi selesai. Ada empat orang warga yang dievakuasi yakni satu orang tua dan tiga orang anak

Pihak damkar menyiapkan satu unit mobil rescue dan satu unit perahu karet disertai dengan enam personel.

3. Banjir yang menggenangi Jakarta

Jakarta Banjir, Petugas Damkar Terpaksa Evakuasi Warga di Malam HariEvakuasi Banjir di Jakarta (Instagram/@damkar.pancoran)

Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemprov DKI Jakarta menyebut pada Rabu (29/4), banjir tertinggi terjadi di Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan hingga mencapai 90 cm.

"(Banjir di Kelurahan Bangka) akibat luapan Kali Mampang dan curah hujan tinggi," Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta M Insaf, melalui keterangan tertulis, Rabu (30/4).

Selanjutnya, genangan banjir juga tinggi berada di Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menjadi wilayah dengan genangan banjir tertinggi kedua. Akibat curah hujan yang tinggi dan meluapnya Kali Pulo, sebanyak dua RW tergenang banjir dengan ketinggian hingga 70 cm.

Baca Juga: Daftar 10 Kelurahan di DKI Jakarta yang Terkena Banjir Hari Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya