Jakarta Banjir, Sejumlah Layanan TransJakarta Setop Operasi 

Catat rute Transjakarta yang masih beroperasi

Jakarta, IDN Times - Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Prasetia Budi menyampaikan, sejumlah layanan perjalanan terpaksa setop beroperasi untuk sementara. Hujan deras yang melanda ibu kota sejak Jumat malam mengakibatkan genangan di sejumlah ruas jalan, sehingga tidak memungkinkan dilintasi armada TransJakarta.

"Tingginya genangan air di sekitar jalan Mayjen Sutoyo, Pejaten dan sekitar Kampung Rambutan berdampak pada disetopnya sejumlah rute layanan TransJakarta untuk sementara," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2/2021).

Hingga pukul 12.00 WIB hari ini, 24 rute masih beroperasi secara nornal. Di luar itu ada empat rute yang dihentikan operasinya dan empat rute lain dialihkan operasinya.

 

1. Koridor TransJakarta yang dikepung banjir

Jakarta Banjir, Sejumlah Layanan TransJakarta Setop Operasi Suasana saat banjir di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Baca Juga: Jalan Tol Jasa Marga Tergenang Banjir, Cek Titik-titiknya di Sini

Adapun rincian rute bus rapid transit (BRT) dan non-BRT TransJakarta dalam kondisi banjir sebagai berikut :

Koridor 1, 2, 3, 4, dan 5 beroperasi normal. Sedangkan koridor 6 dihentikan operasi untuk sementara karena ada titik banjir di sekitar Pejaten.

Koridor 8 dan 9 beroperasi normal. Sedangkan koridor 10 ada pengalihan dan perpendekan, karena ada titik banjir sekitar wilayah Jalan Letjen  Sutoyo.

Terakhir, berdasarkan informasi dari petugas di lapangan koridor 11, 12, dan 13 beroperasi normal.

2. Titik bajir di rute non-BRT

Jakarta Banjir, Sejumlah Layanan TransJakarta Setop Operasi Ilustrasi (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Tentang rute non BRT, dijelaskan bahwa Rute 1C (Blok M - Pesanggrahan) setop operasi karena ada titik banjir di jalan Ciledug Raya.

Rute 5M (Kampung Melayu - Tanah Abang) juga setop operasi berhubung ada genangan air di depan pool Kampung Rambutan sehingga bus tidak bisa ke luar. Akibatnya rute 7B juga mengalami perpendekan rute karena titik banjir di terminal Kampung Rambutan itu.

Rute 7P (Pondok Kelapa- BKN) normal namun diberlakukan contraflow karena ada titik banjir di Jalan Letjen Sutoyo.

Rute 1M (Blok M - Meruya) mengalami pengalihan rute karena ada titik banjir sekitaran Meruya.

Rute 7A (Kampung Rambutan - Lebak Bulus) stop operasi akibat titik banjir sekitaran Deptan.

3. Rute-rute yang masih beroperasi

Jakarta Banjir, Sejumlah Layanan TransJakarta Setop Operasi Halte Transjakarta Bundaran HI setelah diperbaiki pasca demo (Dok. Humas Transjakarta)

Info rute lainnya yang masih beroperasi normal adalah sebagai berikut: 

10K (Tanjung Priok - Senen), 11D (Pulo Gebang - Pulo gadung),
1A (PIK- Balai kota), 1E (Pondok labu - Blok M), 1Q ( Rempoa- Blok M), 2P (Gondangdia -Senen), 2Q (Tanah Abang- Gondangdia), 3E (Puri Kembangan - Centraland), 7B (Kampung Rambutan - Blok M), 7D (TMII - Pancoran), 8D (Joglo - Blok M), 8E (Bintaro - Blok M), dan 9D (Pasar Minggu-Tanah Abang) 

4. Sejumlah pengoperasian rute bus kecil atau mini trans

Jakarta Banjir, Sejumlah Layanan TransJakarta Setop Operasi Ilustrasi TransJakarta, JPO Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Untuk rute bus kecil atau mini trans maka pengoperasian JAK02 mengalami pengalihan jalur, JAK06 harus setop operasi karena di pertigaan Cedang ketinggian air mencapai 50-60 sentimeter, JAK08 harus diperpendek rutenya.

Sedangkan untuk JAK14 setop operasi berkait ada titik banjir sekitar Jalan Pengapuan. Begitu juga JAK19 yang harus stop operasi karena pertigaan Cedang ketinggian air mencapai 50-60 sentimeter, dan Jalan Rukun ketinggian air bahkan mencapai 70 sentimeter.

Rute JAK20 juga terpaksa setop operasi akibat titik banjir di jalan skadron, sedangkan rute JAK21 harus setop operasi akibat titik banjir di jalan komodor.

Sejumlah rute lainnya yang belum disebutkan juga mengalami pengalihan rute atau setop operasi untuk sementara. "Kami mohon maaf untuk itu," kata Prasetia.

Namun, dia melanjutkan, semua layanan ini akan kembali beroperasi normal  apabila jalur sudah memungkinkan untuk dilintasi armada.

Baca Juga: 193 RT di Jakarta Dikepung Banjir, 1.380 Warga Mengungsi

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya