Comscore Tracker

Jaksa Pinangki Jalani Sidang Perdana Hari Ini, Akankah Fakta Terkuak?

Pinangki diduga terima suap dari Joko Tjandra

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung (Kejagung) telah merampungkan berkas perkara penyidikan dugaan gratifikasi pada Jaksa Pinangki Sirna Malasari dari Joko Tjandra.

Kini babak baru kasus tersebut akan segera dimulai. Humas PN Jakarta Pusat, Bambang Nurcahyono mengatakan, sidang perdana Jaksa Pinangki akan digelar hari ini.

"Setelah saya koordinasikan dengan Majelis Hakimnya, maka hari sidang pertamanya telah ditetapkan oleh Majelis Hakimnya yaitu hari Rabu, tanggal 23 September 2020," kata Bambang saat dikonfirmasi, Jumat, 18 September 2020.

1. Ketua Majelis Hakim dalam sidang ini

Jaksa Pinangki Jalani Sidang Perdana Hari Ini, Akankah Fakta Terkuak?Tersangka kasus suap pengurusan pengajuan fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk membebaskan Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari berada di gedung Bundar, Kejaksaan Agung, Jakarta pada Rabu (2/9/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Bambang menjelaskan bahwa untuk sementara, Majelis Hakim akan diketuai oleh Eko Purwanto.

Sedangkan, anggota Majelis Hakim adalah Sunarso dan Mochamad Agus Salim.

Baca Juga: Siapa 'King Maker' yang Disebut Joko Tjandra-Pinangki dalam WhatsApp?

2. Kejagung juga akan periksa saksi lainnya

Jaksa Pinangki Jalani Sidang Perdana Hari Ini, Akankah Fakta Terkuak?Pinangki Sirna Malasari (tengah), Jaksa dari Kejagung yang diduga bertemu Joko Tjandra dan Anita Kolopaking (Dok. Istimewa)

Jaksa penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung juga rencananya bakal kembali memeriksa Rahmat sebagai saksi kasus dugaan korupsi pemberian gratifikasi pegawai negeri terkait pengurusan fatwa untuk Joko Tjandra ke Mahkamah Agung.

"Saksi yang kembali diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi gratifikasi yaitu Rahmat selaku karyawan swasta atau pemilik Koperasi Nusantara," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono seperti dilansir melalui ANTARA, Rabu (23/9/2020)

3. Rahmat disebut sebagai teman Pinangki

Jaksa Pinangki Jalani Sidang Perdana Hari Ini, Akankah Fakta Terkuak?Jaksa Pinangki Sirna Malasari (Instagram.com/pinangkit)

Rahmat disebut sebagai teman Jaksa Pinangki dan rencananya akan diperiksa jaksa penyidik untuk mencari fakta hukum tentang pemberian dan janji dari Joko ke Pinangki.

"Bagaimana teknis dan caranya serta maksud dan tujuan pemberian tersebut," katanya.

Baca Juga: Ini Dugaan Isi WA Pinangki Soal 'King Maker' dalam Kasus Joko Tjandra

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya