Comscore Tracker

Jalani Vaksinasi, Para Lansia di Jakarta Dijemput Pakai Motor dan Bus

Terdapat 525 titik tempat vaksinasi di DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan fasilitas antar-jemput bagi warga lansia yang akan melaksanakan vaksinasi COVID-19. Para lansia yang akan menjalani vaksinasi akan dijemput menggunakan bus maupun sepeda motor ke lokasi vaksinasi.

Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Pemukiman yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Suharti, mengatakan pihaknya juga kini tengah menyiapkan sentra vaksinasi dengan sumber daya manusia (SDM) kesehatan dari pemerintah daerah. 

“Kami menyiapkan sentra vaksinasi di tingkat kecamatan dan kelurahan, di luar puskesmas dan rumah sakit. Sentra vaksinasi ini lebih diminati oleh lansia karena lebih dekat dengan rumah dan bisa bersama-sama dengan warga dari lingkungan masing-masing," kata Suharti dalam keterangannya, Senin (12/4/2021). 

Baca Juga: Viral, Lansia Ini Kebal Jarum Suntik saat Vaksinasi COVID-19

1. Titik-titik tempat layanan vaksinasi di Jakarta

Jalani Vaksinasi, Para Lansia di Jakarta Dijemput Pakai Motor dan BusFasilitas antar-jemput peserta vaksin lansia di DKI Jakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta

Adapun titik-titik tempat layanan vaksinasi di Jakarta antara lain Istana Presiden, Balai Kota DKI Jakarta, kantor wali kota, kantor kecamatan, kantor kelurahan, DPR/DPRD, RPTRA, mal, pasar, hotel, wisma, taman, rumah sakit umum, rumah sakit swasta, vertikal, RS TNI/POLRI, RSUD, rumah sakit khusus, klinik, puskesmas kecamatan dan kelurahan, puskesmas keliling, sekolah (TK–SMA), Istora/GOR, gedung perkantoran swasta/BUMN, drive thru, dan lainnya.

Hingga kini, total jumlah lokasi vaksinasi di Jakarta sebanyak 525 titik dengan total kapasitas vaksinasi sebanyak 86.580 orang per hari. 

2. Akan ada sistem penjadwalan dan pendataan lansia

Jalani Vaksinasi, Para Lansia di Jakarta Dijemput Pakai Motor dan BusANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Suharti juga menjelaskan bahwa akan ada sistem untuk membantu pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi lansia, karena tidak semua lansia dapat menggunakan sistem online. Pada pelaksanaannya, data yang digunakan adalah data dari Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, lalu diberikan penjadwalan sampai tingkat RT. Selanjutnya, pengurus RT memberitahu lansia terkait jadwal dan lokasi vaksinasi. 
 
“Diupayakan dalam satu RW divaksin di lokasi yang sama untuk kemudahan pengelolaan di lapangan. Untuk warga yang belum terjadwal karena tidak ber-KTP DKI Jakarta atau yang lokasinya jauh karena alamat domisili berbeda dengan alamat KTP, tetap dimungkinkan untuk divaksin, baik dengan mendaftar melalui online maupun melaporkan diri ke ketua RT,” ujar dia.

3. Sediakan bus sekolah dan Transjakarta

Jalani Vaksinasi, Para Lansia di Jakarta Dijemput Pakai Motor dan BusTak mengantar Siswa, kini Sopir Bus Sekolah antar jemput Pasien COVID-19 di Jakarta (Dok. Dinas Perhubungan DKI Jakarta)

Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan fasilitas transportasi berupa bus sekolah dan bus Transjakarta di sejumlah wilayah, yang lokasinya jauh dari tempat vaksinasi.

Pendataan warga secara door to door juga dilakukan. Penjemputan dilakukan dengan menggandeng perusahaan ojek online swasta, dengan memberikan biaya gratis atau pemotongan biaya pengantaran lansia ke lokasi vaksinasi. 

Baca Juga: Jadi Contoh, Lansia 104 Tahun Vaksinasi COVID-19 di Bogor

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya