Jelang Pelantikan Presiden, Stasiun Serpong Dijaga Aparat Kepolisian

Selain stasiun, polisi juga menjaga tempat ibadah dan mal

Jakarta, IDN Times - Sejumlah anggota kepolisian terlihat berjaga di depan parkir mobil Stasiun Serpong, Tangerang Selatan. Keberadaan pihak kepolisian tersebut merupakan bentuk monitor jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10).

Anggota polisi dari Polsek Serpong, Ipda Wahyu membenarkan alasan penjagaan aparat di stasiun Serpong adalah untuk mengantisipasi keamanan jelang pelantikan Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

"Sebenarnya bukan antisipasi hanya monitor," ujar Ipda Wahyu pada IDN Times.

Penjagaan adalah bentuk monitor, bukan antisipasi karena penjagaan dilakukan untuk kenyamanan masyarakat.

Penjagaan seperti ini, menurut Wahyu juga dilakukan di fasilitas publik lainnya seperti stasiun dan rumah ibadah, juga pusat-pusat perbelanjaan di daerah Serpong.

"Memastikan situasi bahwa masyarakat itu aman nyaman, karena gak semua ditanyain," ujarnya.

Terkait dengan himbauan arak-arakan, Ipda Wahyu mengatakan himbauan tersebut tetap tidak bisa menampik euforia masyarakat terkait pelantikan Presiden untuk merayakan, dan bersenang-senang namun tetap dalam ranah yang sewajarnya.
Penjagaan dilakukan karena banyak pejabat tinggi negara dan juga pihak-pihak internasional yang datang ke Indonesia saat ini

"Ini puncaknya pesta demokrasi, tapi tetap dalam pengamanan," imbuhnya

Baca Juga: Instagramable, Ada Wajah Jokowi-Ma’ruf Raksasa dekat Ruang Pelantikan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya