Johnny G Plate Ajak Menteri Digital G20 Bangun Konsensus 

Antisipasi dampak digitalisasi

Bali, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak Menteri Digital dari Negara Anggota G20, bekerja sama mengantisipasi dampak digitalisasi yang telah berlangsung.

Dia mengatakan, presidensi G20 Indonesia berupaya yang terbaik untuk membangun konsensus, sesuai fokus Digital Economy Working Group (DEWG) yang membahas masalah digitalisasi dan dampak lintas sektor di seluruh dunia.

“Anggota G20 memikul beban dan tanggung jawab global dan pekerjaan kolektif, yang akan berdampak pada bagaimana dunia bergerak. Sebagai orang baru di forum ini, saya membutuhkan kerja sama semua orang,” kata dia saat membuka Digital Economy Ministers’ Meeting (DEMM) di Ballroom Hotel Mulia Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (1/09/2022).

Baca Juga: Soal Dokumen Bali Package Hasil DEWG G20, Kanada: Masih Negosiasi 

1. Dukung hasil DEMM untuk tujuan Presidensi G20 Indonesia

Johnny G Plate Ajak Menteri Digital G20 Bangun Konsensus Pertemuan Menteri Digital atau Digital Economy Ministers Meeting (DEMM) G20 berlangsung di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9/2022).(IDN Times/Lia Hutasoit)

Johnny berharap agar Menteri Digital G20 mendukung hasil DEMM untuk mencapai tujuan Presidensi G20 Indonesia 2022. Terutama mengenai ekosistem digitalisasi yang telah dibahas melalui Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia.

“Saya berharap anda (Menteri Digital G20) akan terus mendukung tujuan kami untuk mencapai tujuan Presidensi G20 Indonesia," ujar dia.

2. Agenda DEWG sudah berlangsung empat kali

Johnny G Plate Ajak Menteri Digital G20 Bangun Konsensus Pers conference Digital Economy Ministers Meeting (DEMM) disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9/2022) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Johnny menjelaskan, Kominfo selaku pengampu DEWG telah selesai menyelenggarakan empat sesi pertemuan di Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bali. Karena itu, Kominfo menyambut semua delegasi dalam DEMM sebagai puncak acara pelaksanaan forum DEWG.

“Kami akhirnya berada di pertemuan Para Menteri Ekonomi Digital G20 2022. Saya menyambut semua Menteri Ekonomi Digital, terima kasih atas upaya khusus untuk berada di sini bersama kami, serta dua menteri lainnya bergabung secara virtual,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Johnny mengungkapkan, penghargaan dan apresiasi pada Chair dan Alt. Chair DEWG G20, masing-masing ketua kelompok kerja DEWG Negara Anggota G20, serta seluruh pihak terkait yang sudah berbagai upaya dalam penyelenggaraan DEWG.

Baca Juga: Menkominfo Sebut DEWG G20 Tak Bahas Konflik Rusia-Ukraina

3. Agenda DEWG bahas tiga isu prioritas

Johnny G Plate Ajak Menteri Digital G20 Bangun Konsensus Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sebelum acara 4th DEWG Meeting dimulai di The Mulia, Mulia Resort and Villas, Nusa Dua, Bali (IDN Times/ Lia Hutasoit)

DEWG telah berlangsung sebanyak empat kali dengan puncak penyelenggaraan Pertemuan Menteri Digital atau Digital Economy Ministers Meeting (DEMM) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Agenda DEMM dilaksanakan usai pertemuan 4th DEWG 2022 sebagai akhir pembahasan dari tiga pertemuan sebelumnya, yang sudah berlangsung dengan pembahasan tiga prioritas, yakni connectivity and post-covid recovery, digital literacy and digital talent serta cross-border data flow atau data free flow with trust.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya